Cara Rekam Video Dengan DJI Spark

Ketika DJI meluncurkan Spark pada bulan Mei lalu, fitur gesture control dan dimensinya yang ringkas menarih perhatian dunia.  Ketika DJI Indonesia memamerkan produk baru ini di pameran teknologi Teknolopolis 2017 di Jakarta Convention Center ( 9 – 11 Juli) Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara berhenti lebih lama untuk mendengarkan presentasi tentang drone itu.

Fitur utama dari drone itu adalah pengendalian dengan bahasa tubuh (gesture control). Pengguna tidak perlu menggunakan joystick, cukup menggunakan gerakan tangannya saja.  Kini perusahaan drone China itu meluncurakan firmware update yang menambah fungsi-fungsi gesture lebih banyak lagi, termasuk kemampuan untuk stop dan start rekam video dengan lambaian tangan.

DJI Spark dilengkapi dengan sejumlah sensor yang memungkinkan untuk mendeteksi benda-benda hingga jarak lima meter.  Penggunanya selama ini menyukai  kemampuan drone mengenali bahasa tubuh lewat lambaian tangan dan lengan pengguna.  Drone yang bisa diterbangkan dari telapak tangan, dia akan terbang menjauh dan menjepret beberapa kali lalu kembali ke telapak tangan. Semua proses itu dilakukan secara otomatis, akurat dan otonom. Pengguna samasekali tidak perlu mennyentuh remote control.

Nah, update terbaru memungkinkan proses rekam video dilakukan saat sedang mengapung diudara. Dalam kondisi mengapung diudara, dari jarak  sekitar dua  meter pengguna bisa meminta drone untuk mulai merekam video dengan menaikkan tangan ke samping dengan sudut sekitar 45 derajad. Jika drone memahami perintah gesture itu, lampu LED pada dibagian depan drone akan berkedip merah. Proses rekam video mulai.  Untuk menghentikan rekaman, pengguna mengulang gerakan yang sama.

DJI Spark2

DJI juga melakukan penyempurnaan pada intelligent flight modes seperti mengendalikan arah terbang, yang secara otonom akan melingkari objek atau bergerak sprial keatas lalu pergi.  Juga bisa melakukan pengambilan foto dari ketinggian yang disebut Dronie mode. Juga footage yang lebih halus pada Rocket mode, dimana drone terbang langsung keatas dengan kamera menghadap kebawah. Fitur baru yang lain adalah membuat foto panorama 180 derajad yang tersusun dari gabungan 21 individual image.

Agar bisa menikmati fitur-fitur baru itu, pengguna harus mengunduh dan instal firmware update di drone dan remote control. Pengguna juga perlu mengunduh DJI GO 4 mobile app untuk perangkat Android dan iOS. Penjelasan lengkapnya ada di video ini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s