Truk Tabrak Orang-orang di Pasar Berlin

truk
Petugas menyelediki TKP di Pasar Natal Berlin [Fabrizio Bensch/Reuters]
Berlin dirundung duka saat belasan orang tewas dan puluhan luka-luka ketika sebuah truk menerjang pasar Natal di dekat Kaiser Wilhelm Memorial Church  Insiden di salah satu pasar ramai di Berlin, Senin malam (19/12) menyebabkan 12 orang tewas dan lebih dari 50 orang terluka.

Setelah menabrak pengemudi truk terlempar ke trotoar sementara penumpang lainnya  ditemukan tewas didalam truk. Polisi kemudian menangkap pengemudi truk. Kendaraaan niaga dengan merek Scania itu menggunakan plat nomer Polandia.

Apakah ini serangan teroris a la Nice, Prancis beberapa waktu lalu?

Menteri Kehakiman Jerman, Heiko Mass mengatakan peristiwa ini langsung ditangangi jaksa terorisme. Namun dia tidak merinci lebih lanjut dalam twiter Senin malam. Dia hanya menuliskan “Kita berkabung bersama keluarga korban”, seperti dilaporkan Al Jazeera.

Menteri Dalam Negeri Thomas de Maiziere juga enggan bicara banyak. Meskipun dia terus berhubungan dengan pihak keamanan namun dia tidak memberi pernyataan apakah itu serangan teroris atau kecelakaan.

“Saya belum ingin menggunakan terminologi  ‘Serangan’ pada saat ini, meskipun banyak yang mengatakan ini adalah serangan,” katanya pada ARD TV yang dikutip AP dan Time. “Ada efek psikologis ke seluruh negeri dalam pemilihan kata-kata saat ini dan kami sangat berhati-hati dan tidak spekulatif,” tambahnya. Dia mengatakan akan berhubungan erat dengan penyelidik.

Meskipun belum ada konfirmasi resmi terhadap insiden itu, Donald Trump sudah mengkaitkan peristiwa itu dengan terorisme. “Serangan teror yang mengerikan” begitu pernyataannya. Sementara Gedung Putih menyebut ‘terlihat sebagai serangan teror’.

Menurut saksi mata yang berada dilokasi dan memposting kisahnya di media sosial menggambarkan truk itu melajut terlalu kencang sekitar 60 km/jam. Akibatnya tubuh orang yang tertabrak ‘remuk’.

Kasus ini mengingatkan serangan teroris di Nice, Prancis yang terjadi 14 Juli 2016.  Saat itu truk yang dikendarai Mohamed Lahouaiej-Bouhlel, warga Perancis keturunan Tunisia menabrak kerumuman orang yang merayakan Hari Bastille di Promenade des Anglais –jalan utama sepanjang pantai Nice.   Serangan truk kargo seberat 19 ton  menyebabkan 86 orang tewas dan 434 orang terluka. Serangan Lahouaiej-Bouhlel akhirnya dihentikan polisi. Dia tewas diberondong peluru polisi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s