Putin Telepon Erdogan Soal Dubes Russia yang Terbunuh

 

putin
Presiden Russia Vladimir Putin [Sputnik/ Alexei Druzhinin]
Presiden Russia Vladimir Putin dan sejawatnya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan justru memiliki pemahaman yang sama terkait pembunuhan dubes Russia untuk Turki.

Serangan fatal terhadap dubes Russia di Turki jelas-jelas sebuah provokasi dan bertujuan untuk merusak hubungan Russia dan Turki  dan penyelesaian krisis Suriah. Hal itu disampaikan Presiden Russia, Vladimir Putin menanggapi ditembaknya dubes Russia di Turki, Senin malam.

Penembakan dubes Andrey Karlov terjadi saat Russia bersama Turki, Iran dan negara-negara lain berupayamenyelesaikan konflik Suriah.  “Satu-satunya respon terhadap serangan yang bisa ditawarkan Moscow adalah meningkatkan serangan terhadap terorisme,” tambah Putin seperti dilaporkan RT, Senin malam (19/12) waktu setempat. “Para pembunuh akan merasannya,” tambahnya.

Putin memuji dubes Karlove sebagai diplomat brilian yang dihormati di negara dimana dia bertugas. Dia berhasil membangun hubungan baik dengan pemerintah Turki maupun kekuatan politik lain di negara itu.

Komite Penyelidik Russia langsung menggelar penyelidikan terhadap pembunuhan itu. Menurut Putin, dia sudah berkomunikasi via telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan soal kerjasama antara penyelidik Russia dan Turki. Keduanya sepakat untuk bekerjasam. “Kami harus tahu siapa yang mengorganisir pembunuhan ini dan yang memberi perintah,” tegas Putin.

Putin juga memerintahkan peningkatan keamanan di misi-misi diplomatik Russia di seluruh dunia. Putin mengaku mengenal Karlov secara pribadi dan mengenangnya sebagai pria yang baik hati. Dia memerintahkan untuk pemberian penghargaan anumerta karena tewas saat menjalankan tugasnya.

Senada dengan Putin, Presiden Turki, Erdogan juga mengutuk serangan itu.  “Saya yakin ini adalah serangan terhadap negara dan rakyat Turki. Juga provokasi terhadap hubungan Russia dan Turki. Saya yakin, teman-teman kita di Russia juga melihat fakta ini.”Turki dan Russia tidak akan tertipu provokasi ini,” tegasnya.

Erdogan juga menegaskan akan ada penyelidikan bersama Turki dan Rusia. Pengamanan terhadap kedutaan dan konsulat Russia di Turki juga ditingkatkan.  “Hubungan kami dengan Russia sangat penting. Saya menyeru siapa saja yang ingin merusak hubungan ini, anda akan menunggu dengan sia-sia. Anda tidak pernah mencapai tujuan ini,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s