Honda Kembali ke Akarnya

Honda-NSX-1.jpg

Sudah lama muncul keprihatinan diantara para pelanggan Honda bahwa perusahaan ini telah bergeser dari visi yang diterapkan oleh pendirinya Soichiro Honda. Visi Soichiro Honda adalah untuk menciptakan mobil-mobil yang memikat, dinamis dan memberi keasyikan mengemudi yang maksimal.

Rupanya keprihatinan itu sampai juga ke direksi Honda Motor Co. Baru-baru ini CEO Honda Takahiro Hachigo  mengumumkan rencananya untuk membuat perubahan besar dalam hal menciptakan mobil baru. Yang pertama dan yang terpenting, Hachigo akan mengijinkan para insinyur untuk memberi sumbangsih lebih besar pada fase perencanaan, sementara tim sales and marketing akan sedikit mengurangi kontribusinya.

Rencana Hachigo ini akan mengubahh beberapa kebijakan yang ditetapkan CEO sebelumnya, Takanori Ito .  “Dalam beberapa tahun belakangan, proses pengembangan produk-produk kami  menjadi sangat rumit dan lamban, melibatkan banyak sekali orang-orang dari tim sales, marketing dan teknik,” keluh seorang pejabat senior kepada Reuters. “Akhirnya kami memproduksi mobil-mobil yang membosankan yang lalu disebut-sebut mobil yang didesain oleh sebuah komite. ”

Berdasarkan kebijakan baru, seorang insinyur senior yang sebelumnya ditarik ke kantor pusat di Tokyo untuk lebih dekat dengan tim sales and marketing, dikembalikan lagi ke pusat riset dan pengembangan Honda di Tochigi serta diberi wewenang lebih luas. Fasilitas riset milik Honda di Tochigi ini –sekitar 100 km di utara Tokyo- memiliki fasilitas yang sangat canggih.

Hachigo yang berlatar belakang teknik  juga akan membatasi wewenang yang selama ini diberikan pada kantor regional Honda diseluruh dunia. Lokalisasi yang dilakukan selama ini menghasilkan banyak model-model spesifik yang berbeda-beda.  Nantinya, seluruh model akan dirancang dan dikembangkan di Tochigi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s