Harga Bugatti Chiron

chiron2.jpg

Sulit dibantah, Bugatti Chiron adalah bintang pameran 2016 Geneva Motor Show.  Bugatti mengklaim Chiron adalah mobil terkuat, paling kencang dan paling mewah serta sports car paling ekslusif. Dan tentu saja ada harga untuk semua itu.

Chiron yang kini menjadi flagship Bugatti memiliki modal kuat untuk mengklaim gelar bergengsi itu. Tenaga yang dihasilkan mesinnya mencapai 1500 hp sekaligus membuat standar baru karena menjadi sports car versi jalan raya pertama yang mencapai level tenaga sebesar itu.  Dibandingkan pendahulunya, Bugatti Veyron ini kenaikan 50 persen.  Tenaga sebanyak itu diproduksi mesin 8.0 liter W16  dikombinasikan dengan empat turbo dua tingkat berukuran besar.

Dengan penggunaan turbo, produksi torsi bisa mencapai 1180 lb-ft mulai dari 2000rpm sampain 6000 rmp, atau bisa dikatakan torsi maksimal dinikmati hampir disemua rentang putaran mesin.   Hasilnya, akselerasi  0 – 62 mph (99,2 km/jam) kurang dari 2,5 detik.  Untuk mencapai 124 mph (198,4 km/jam) hanya butuh waktu 6,5 detik dan  186 mph (297,6 km/jam)  dalam 13,5 detik.   Sebagai informasi  13,5 detik itu akselerasi Toyota Avanza  dari 0 – 100 km/jam.  Angka itu berdasarkan pengujian Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi ITB,  yaitu 13,2 detik  jika menggunakan Pertalite. Sementara ketika menggunakan Premium waktunya 13,8 detik.

Saat ini rival paling dekat Bugatti Chiron bisa jadi adalah Porsche 918 Spyder dan Ferrari LaFerrari.  Atas nama faktor keselamatan, Bugatti ‘membatasi’ kecepatan Chiron  hingga 261 mph (417 km/jam). Bugatti sebenarnya cukup confident Chiron bisa menorehkan rekor kecepatan baru. Saat ini rekor mobil jalan tercepat versi Guinnes World Record dipegang Bugatti Veyron yaitu 267.8 mph(428,5 km/jam). Menurut Bugatti, Chiron bisa menyentuh 290 mph (464 km/jam).

chiron.jpg
Desain eksterior Chiron terlihat lebih segar dengan tetap mempertahanakn grille sepatu kuda yang sebelumnya ada di Veyron.  Desainnya sedikit lbih agresif, menggetarkan tanpa mengabaikan faktor keindahan.  Di bandingkan Veyron sedikit lebih panjang, lebih tinggi dan lebih lebar.  Interior dipenuhi material eksotis seperti kulit berkualitas terbaik,  serat karbon dan aluminium.

Bugatti sudah menjual sepertiga dari 500 unit yang akan diproduksi. Masing-masing harganya USD 2,6 juta (Rp 34,7 miliar). Jika dipasarkan di Indonesia, harganya akan naik berlipat kali karena peraturan pajak dan bea masuk. Sebagai pembanding, harga itu setara dengan 5 – 10 apartemen mewah di kawasan strategis Jakarta. Atau 25 – 30 unit Mercedes-Benz E Class.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s