Recall terbesar di Indonesia

SRS-airbag

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek mobil Honda di Indonesia berinisiatif  menggelar kampanye penggantian komponen airbag inflator.  Kali ini jumlahnya tidak tangung-tanggung yaitu 367.014 unit yang bisa jadi adalah jumlah recall terbesar dalam sejarah industry otomotif nasional. Program penggantian komponen ini meliputi  6 model  yang dibuat antara 2002- 2014. Sebelumnya Honda merecall Honda Brio.

Dalam pengumuman itu disebutkan, komponen yang diganti adalah inflator airbag.  Komponen yang bermasalah ini menyebabkan kantong udara mengembang berlebihan (over deployment) akibat tekanan gas yang terlalu kuat sehingga berpotensi membahayakan pengemudi dan penumpang depan pada saat terjadi kecelakaan.

Proses penggantian komponen airbag inflator pada semua mobil konsumen yang teridentifikasi dilakukan tanpa pengenaan biaya apapun. Kampanye penggantian komponen ini mulai dilaksanakan hari Senin, 21 Maret 2016  secara bertahap di 115 dealer resmi Honda di Indonesia. Proses penggantian komponen ini berlangsung kurang lebih selama 1 – 2 jam.

Menurut Jonfis Fandi, Marketing & Aftersales Service Director Honda Prospect Motor, durasi progam recall ini selama satu tahun.  Meskipun durasinya relatif lama,  Jonfis menyarankan pemilik mobil untuk segera ke dealer jika sudah menerima undangan. “Karena ini berhubungan dengan keamanan maka disarankan datang secepatnya,” sarannya.

Dealer resmi Honda juga akan mengirimkan surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik mobil yang teridentifikasi. Untuk teknis pelaksanaan dan kelancaran proses perbaikan konsumen dapat menghubungi atau datang ke dealer resmi Honda terdekat untuk mendaftarkan kendaraannya, atau menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-11-22-789 dari hari Senin-Jumat, pukul 09.00 s/d 17.00 WIB.

Sejatinya fungsi inflator airbag sangat penting. Komponen ini berfungsi mengembangkan kantong udara saat terjadi kecelakaan.  Ketika sensor mobil mendeteksi terjadi benturan keras, sinyal dari sensor memicu inflator melakukan reaksi kimia zat-zat yang tersimpan didalamnya sehingga menghasilkan gas sangat cepat. Gas ini kemudian mengisi kantong udara.  Karena tekanan gas itulah kantong udara meletup keluar dari wadahnya dan menjadi bantalan bagian atas tubuh pengendara sehingga tidak membentur kemudi/dashboard saat kecelakaan.

Honda menggunakan inflator airbag buatan Takata Corp. Nah, sebagian komponen yang diproduksi ternyata bermasalah. Penyebabnya pastinya belum diketahui. Yang terjadi adalah inflator meledak terlalu kuat. Begitu kuatnya sampai-sampai wadah logam tempat reaksi  pecah dan menyembur seperti peluru menghantam penumpang/pengemudi.

Di Amerika Serikat, kasus ini mendapat perhatian serius, dan lembaga pemerintah yang mengurusi keamanan transportasai, NHTSA  National Highway Traffic Safety Administration memerintahkan recall besar-besaran terhadap airbag ini. Sedikitnya 19 juta mobil dari 12 merek harus direcall.  Karena korban sudah berjatuhan. Sedikitnya sembilan orang dinyatakan tewas karena masalah ini. Puluhan oran lainnya cidera.

Menurut daftar yang dirilis NHTSA ada 12 merek yang harus di recall karena menggunakan airbag Takata mulai dari BMW, Chrysler, Mazda, Ford, Honda, Toyota, Subaru, Volkswagen dll. Daftarnya bisa di klik disini http://www.safercar.gov/rs/takata/takatalist.html

Berbeda dengan Amerika Serikat, di Indonesia inisiatif recall datang dari masing-masing brand.

Sejauh ini tidak ada laporan kecelakaan, cidera atau kematian yang diterima Honda Prospect Motor terkait problem ini.

“Kampanye ini merupakan bagian dari program global yang dijalankan oleh Honda Motor.Co.Ltd. untuk menjamin kualitas tertinggi untuk setiap produk Honda yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia. Konsumen yang kendaraannya terdampak berhak mendapatkan penggantian komponen untuk memastikan kendaraannya berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi” ungkap Tomoki Uchida, President Director  PT HPM.

 

Adapun model yang teridentifikasi di dalam program ini meliputi:

  • 2.856 unit Honda Accord produksi 2004 – 2007
  • 16.276 unit Honda Civic produksi tahun 2002 – 2011
  • 41.538 unit Honda City produksi tahun 2004 – 2013
  • 104.651 unit Honda CR-V produksi tahun 2002 – 2012
  • 199.167 Honda Jazz produksi tahun 2004 – 2014
  • 2.526 unit Honda Stream produksi tahun 2002 – 2006

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s