Hadiah 100 tahun Si Pedagang Traktor

miura

Automobili Lamborghini S.p.A merayakan ulang tahun ke 100 mendiang Ferruccio Lamborghini –pendiri perusahaan ini- dengan meluncurkan supercar bernama Centenario LP 770-4. Supercar ini akan diproduksi dalam jumlah terbatas. Hanya 40 unit yang akan dibuat terdiri dari 20 coupe dan 20 convertible.

Sejauh ini, Lamborghini belum mengumumkan informasi detail tentang Centenario. Yang mereka sampaikan ke publik, seluruh unit Centenario sudah terjual habis. Jadi sudah tidak lagi unit yang tersedia jika anda ingin memesannyaJ Mereka juga menegaskan, supercar itu bukan sekedar modifikasi ringan Aventador atau Huracan, tapi benar-benar mobil baru dengan desain yang berbeda.

Chief executive officer (CEO) Stephan Winkelmann mengindikasikan bawah model itu merupakan kombinasi dari pameran teknologi dan street-legal car. Dengan harga sekitar EUR 2.2 juta (USD $2.39 juta/Rp 33,7 miliar), kemungkinan mobil seperti ini akan menghabiskan lebih banyak waktunya di garasi para kolektor daripada menjelajah jalanan.

Rumor yang beredar menyebutkan mesin yang akan digunakan adalah mesin 6.5 liter V12 yang dipakai Aventador, namun di racik ulang hingga bisa memproduksi 759 hp. Model ini tidak akan diarahkan menjadi mobil yang focus untuk sirkuit. Sebaliknya akan lebih focus pada konten, konektifiti dan sustainability. Informasi detail secara resmi akan dipaparkan di Geneva Motor Show, Maret mendatang.

Mendiang Ferruccio Lamborghini dilahirkan di Renazzo, Italia tanggal 28 April 1916, anak petani anggur. Usai Perang Dunia II dia mendirikan perusahaan traktor Lamborghini Trattori yang berkembang pesat seiring pemulihan Italia paska perang.

Seiring kemajuan perusahaannya, karirnya moncer dan penghasilannya meningkat. Dia mulai mengkoleksi mobil-mobil papan atas seperti Lancia, Masserati 3500 GT, Jaguar E-Type Coupe hingga Mercedes-Benz 300 SL. Sebagai penikmat mobil, dia punya penilaian tajam terhadap mobil-mobil itu.

Di tahun 1958, Lamborghini pergi ke Maranello untuk membeli Ferrari 250GT coupé. Dalam beberapa tahun kemudia dia membeli Ferrari lain yaitu 250 SWB Berlinetta dan 250GT 2+2. Tapi ada satu hal yang selalu dikeluhkan terhadap Ferarinya. Koplingnya buruk dan setiap kali bermasalah butuh waktu perbaikan lama yang membuatnya resah. Keluhan pada Ferrari tidak digubris. Bahkan suratnya pada Enzo Ferrari, pendiri dan pemilik perusahaan mobil Ferrari saat itu justru membuat telinganya panas.

Lamborghini kemudian bertekad membuat mobil sport yang lebih hebat dari Ferrari. Pertamakali adalah menciptakan Ferrari 250 GT yang lebih kencang dari versi pabrikan. Selanjutnya dia memutuskan untuk memproduksi sendiri mobil yang mengkombinasikan kecepatan, stabilitas di jalan raya, nyaman dikendarai dan interior berkelas. Lahirlah perusahaan Automobili Lamborghini S.p.A, Mei 1963 di Sant’Agata Bolognese.

Dekade 1970-an imperium bisnisnya mulai goyah. Berawal dari bisnis traktor yang ambruk lalu menyeret seluruh jaringan bisnisnya ke pusaran kesulitan finansial yang sangat kuat.  Ditambah dengan oil boom akibat pecahnya Perang Arab-Israel yang memicu harga minyak melonjak tinggi.  Situasi bisnis Lamborghini makin sulit. Tahun 1974 dia menjual seluruh sahamnya di Automobili dan pensiun. Dia menghabiskan masa tuanya dengan berbisnis wine hingga meninggal tanggal 20 Februari 1993 di usia 76 tahun.

Tahun ini juga menjadi peringatan 50 tahun Lamborghini Miura yang debut tahun 1966. Model legendaris ini dianggap sebagai salah satu model terbaik dan mewakili semangat dan konsep mobil sport yang di inginkan Ferrucio.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s