Bagaimana Mendaratkan Roket dengan Utuh

 

spacex-flagler-beach.jpgSejarah baru ditorehkan SpaceX ketika roket Falcon 9 bisa mendarat kembali di landasannya di Cape Canaveral setelah sukses mengirim 11 satelit kecil milik Orbcommke ruang angkasa.

Falcon 9 , roket setinggi 460 meter –setara gedung 14 lantai- lepas landas dari Cape Canaveral Air Force Station pukul 8.29 Senin (21/12) malam. Sepuluh menit setelah peluncuran, roket pendorong berhasil mendarat tegak lurus di Landing Zone 1, enam mil arah selatan dari tempat peluncuran. Landing Zone 1 adalah kompleks peluncuran misil balistik antar benua Atlas yang disewa SpaceX.

Elon Musk CEO SpaceX (Space Exploration Technologies Corporation of Hawthorne, Calif.,) mengaku berdebar-debar menyaksikan langsung prosesi pendaratan itu. Sempat menduga roket Falcon 9 gagal mendarat dan meledak seperti percobaan sebelumnya. Namun tidak lama kemudian dia mendengar pengumuman pengendali misi bahwa roket pendorong itu berhasil mendarat utuh.  Sorak sorai langsung membahana menyambut keberhasilan itu.

Bagaimana mendaratkan sebuah roket, yang biasanya meluncur deras ke bumi dan menjadi sampah yang sangat mahal harganya itu ? SpaceX merilis grafis menarik dibawah ini.

spacex_graphic.jpg

 

Falcon 9 terdiri dari tiga bagian utama seperti roket konvensional lainnya. Dari atas kebawah urutannya adalah, kapsul kargo, roket tahap dua dan roket pendorong. Kapsul kargo berisi satelit atau perbekalan untuk stasiun ruang angkasa ISS. Beratnya bisa mencapai 2 ton.

Roket tahap dua memiliki satu mesin untuk mendorong kargo ke orbitnya. Roket pendorong atau roket tahap pertama memiliki sembilan mesin dan mendorong dari landasan ke angkasa selama 2 menit 40 detik. Ketika hampir semua bahan bakar terpakai, roket pertama lepas dan melayang jatuh. Roket tahap kedua yang bermesin tunggal dihidupkan dan bergerak membawa kargo ke tujuannya. Begitu sampai di posisinya, muatan di bongkar dan ditempatkan di orbitnya.

Sementara itu, setelah berpisah roket pendorong yang melayang jatuh dengan posisi bagian atas menukik kebawah. Dalam perjalanan masuk ke atmosfer kembali, roket mulai berakrobat untuk memutar posisinya. Gas dingin dipakai untuk memutar roket pendorong 180 derajat hingga berbalik. setelah posisi mesin roket kembali berada dibagian bawah, mesin kembali dihidupkan selama 30 detik untuk menyesuaikan trayektori roket ke landasan. Mendekati landasan, mesin roket kembali dihidupkan untuk memperlambat luncuran jatuh ke bumi. Pada proses ini grid fin difungsikan untuk mengarahkan roket tepat ke landasan.

Grid fins adalah sirip mekanis yang dioperasikan dengan cairan fluida. Falcon 9 memiliki 4 sayap yang bekerja dengan prinsip aerodinamis agar roket bisa melayang dalam posisi tegak mengarah ke landasan yang telah disiapkan. Menjelang mendarat, mesin roket kembali dihidupkan untuk mengarahkan tepat ke landasan. Menjelang menyentuh landasan, kaki pendarat di buka untuk menyangga roket di landasan.

Dengan keberhasilan itu, sebuah babak baru penjelajahan ruang angkasa dimulai. Selama ini roket yang diluncurkan ke angkasa jatuh kembali ke bumi sebagai sampah yang mahal harganya. Bayangkan saja, harga Falcon X mencapai USD 60 juta, seperti dikutip NBC News dari SpaceX. Bayangkan berapa penghematan yang bisa dilakukan jika ongkos bahan bakar setiap peluncuran hanya USD 200.000 saja.

Bagaimana prosesi pendaratan Falcon 9? klik link berikut:https://www.youtube.com/watch?v=CDXEJMvEl8o

 

One Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s