Pajero Sport, HR-V Raih Bintang Lima

 

Ancap HR-V.jpg

Dua SUV paling popular di Indonesia meraih hasil gemilang dalam uji tabrak yang diselenggarakan Australasian New Car Assessment Program (ANCAP). Kedua SUV itu adalah Mitsubishi Pajero Sport dan Honda HR-V. Peraih bintang lima lainnya Audi Q7.

Dalam rilisnya, ANCAP memberi catatan pada tiap-tiap SUV tersebut. Audi Q7 didukung banyak fitur mengesankan seperti Autonomous Emergency Braking yang bisa bekerja di kecepatan rendah maupun tinggi. Audi juga membekali SUV ini dengan adaptive cruise control dan lane keeping system. Pujian untuk Mitsubishi Pajero Sport terbaru khusunya karena berhasil melakukan peningkatan fungsi keselamatan secara signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan meningkatnya popularitas SUV, Pajero menjadi alternatif menarik di kelas menengah.

Meskipun fitur-fitur safetynya tidak secanggih Audi Q7, Honda HR-V membuktikan diri sebagai salah satu compact crossover yang menawarkan perlindungan terbaik di kelasnya. Honda berhasil meracik struktur yang berhasil mengelola energy benturan dengan baik sehingga aman untuk penumpangnya. Status bintang lima ini menambah pundi-pundi bintang lima Honda HR-V. Sebelumnya, HR-V juga meraih bintang lima dalam uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP, Japan NCAP dan EURO NCAP.

Honda HR-V diperkenalkan di Australia dan Selandia Baru di bulan Februari 2015. Fitur-fitur teknologi canggih seperti autonomous braking dan lane keeping hanya ada di varian tertinggi saja.”

Metodologi pengujian tidak selalu sama antar lembaga uji itu. Beberapa lembaga mensyaratkan kelengkapan teknologi keamanan aktif, sementara yang lain mengandalkan kekuatan struktur kerangka mobil.   Karena itu, meskipun sama-sama menyandang bintang lima, kelengkapan teknologi keamanan bisa berbeda-beda di tiap-tiap negara.

Dan jangan dilupakan, meskipun mendapat bintang lima, bukan berarti mobil benteng berjalan yang menjamin anda aman. Masih ada resiko-resiko lain yang harus diperhitungkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s