Studi kasus Ford Fusion

Pemain industri otomotif di Indonesia mengukur peforma penjualan sebuah model di enam bulan atau tahun pertama. Direntang itu penjualan melesat ke puncaknya, lalu flat dan kemudian secara gradual turun.

Ini pola yang umum di Indonesia juga di seluruh dunia.  Namun tidak selalu begitu. Contoh teranyar, Ford Fusion. Sedan ukuran sedang ini punya grafik penjualan unik di pasar domestik  Amerika Serikat. Di akhir siklus hidupnya,  penjualannya justru naik luarbiasa mencapai rentang 240-an  ribu unit, padahal saat diluncurkan 2006 hanya bisa menjual 140-an ribu.

Ford melakukan penyegaran tahun 2009. Penjualan mulai naik dan tren menanjak ini terus berlangsung hingga 2011 yang mencapai  level 240-an ribu. Pencapaian ini mejadi penjualan tertinggi sepanjang sejarah model ini.

Apa yang  penyebab anomali ini? Penyegaran yang dilakukan Ford pada 2009, tidak sekedar kosmetik, namun lebih menyeluruh yang membuat konsumen menilainya sebagai mobil baru.  Rekor ini akan diharapkan bertahan karena all-new Ford Fusion akan diluncurkan tahun ini di Detroit Motor Show dan dipasarkan awal tahun ini. All-new Ford Fusion disebut-sebut jauh lebih baik dari pendahlunya.

Pelajaran yang bisa dipetik, kalau facelift jangan tanggung-tanggun. Jangan hanya sebatas kosmetik. Beri sesuatu yang bermakna. he..he…he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s