Bisnis Gelang Tangan Jutaan Dollar

mi-band2.jpg

Siap atau tidak, wearable devices akan menjadi the next big thing di sektor teknologi. Menurut laporan terakhir dari perusahaan riset IDC sepanjang triwulan ketiga tahun ini, tidak kurang dari 21 juta wearable devices telah dikirim ke pemesannya di seluruh dunia.  Naik  197,6 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dalam laporan itu, Fitbit tetap menjadi produsen wearable devices terbesar di dunia. Sepanjang triwulan ketiga, Fitbit mengirimkan 4.7 juta unit atau 2.3 juta unit lebih banyak dari triwulan ketiga tahun lalu. IDC juga mencatat Fitbit mengandalkan strategi Corporate Wellness untuk mendorong pertumbuhan penjualan.

Ini strategi menjual langsung ke perusahaan tertentu dalam jumlah besar. Sepanjang triwulan itu, beberapa perusahaan memesan wearable devices dalam jumlah besar pada Fitbit. Contohnya perusahaan bernama Target memesan 335.000 unit untuk dibagi pada karyawannya. Perusahaan lain yang membeli dalam jumlah besar adalah Time Warner dan Bank of America.

Berdasarkan laporan itu, Apple tetap mempertahankan posisi kedua dengan perkiraan pengiriman hingga akhir tahun mencapai 3,9 juta unit Apple Watch. IDC mengatakan, Apple berhasil meningkatkan pengiriman jam pintarnya dibandingkan tahun lalu karena agresif menawarkan Apple Watch di banyak negara dan melalui beragam channel penjualan eceran.

Xiaomi berada tepat dibawah Apple. Perusahaan China ini berhasil mengirimkan 3.7 juta unit ke seluruh dunia sepanjang triwulan ketiga tahun ini. Jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu terjadi peningkatan fenomenal yaitu delapan kali lipat atau tepatnya 815%.   Menurut IDC 97 persen dari perangkat wearable devices  Xiaomi diserap pasar domestik. Pasar China yang super gemuk memang tetap menjadi fokus utama Xiaomi.

IDC juga merekam kejatuhan penjualan Samsung hingga terlempar keluar dari lima besar. Posisinya digantikan XTC, perusahaan gadget asal China. XTC berhasil menjual 100,000 unit lebih banyak daripada Samsung. Dan yang patut dicatat, XTC menggeser Samsung hanya bermodalkan satu wearable devices. Sungguh menarik untuk menyaksikan apakah Samsung Gear S2 mampu mengembalikan Samsung ke posisi lima.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s