Ponsel Bebas Digital Grain?

low light

Kemampuan kamera ponsel untuk foto dilokasi yang sedikit cahaya akan meningkat tidak lama lagi berkat pengembangan filter warna baru.

Kebanyakan kamera , kecuali Fuji film X-Trans dan Sigma Foveon menggunakan filter buatan Bayer. Filter ini membantu menangkap informasi warna dari cahaya yang masuk lewat lensa. Filter diletakkan di depan sensor cahaya , lalu menyaring cahaya menjadi pola mosaic warna merah, biru, dan hijau di level pixel, sebelum dirubah menjadi gambar akhir yang multi warna. Pada prosesnya, filter ini menyerap warna sehingga dinilai tidak efisien, dimana 50 – 70 persen warna tidak pernah mencapai sensor.

Color filter terbaru dikembangan para ahli di Universitah Utah yang di pimpin Prof.Memon. Filter ini memungkinkan lebih banyak cahaya yang lewat, bahkan hingga tiga kali lebih banyak dibandingkan filter tradisional. Hasilnya, citra yang lebih terang, lebih tajam dan reproduksi warna lebih baik.

Filter transparan ini tebalnya 1 micron meter atau 100 kali lebih tipis dari rambut manusia. Filter yang dirancang secara presisi di level atom ini mampu membelokkan/membiaskan cahaya saat lewat dan menciptakan 25 kode pola warna baru.

Karena bisa meloloskan cahaya tiga kali lebih banyak dan filter ini bisa memproduksi lebih banyak kode warna, maka filter ini bisa menghasilkan warna yang lebih tajam, lebih cerah dengan nyaris tidak ada lagi digital grain. Meskipun filter ini sejatinya bisa dipakai untuk semua jenis kamera digital, Menom menggembangkan khusus untuk ponsel dimana low-light performance menjadi masalah besar.

Menurutnya produk komersial pertama yang menggunakan teknologi ini akan hadir dalam tiga tahun kedepan.   Selain untuk ponsel, teknologi ini juga bisa dipakai untuk robot, kamera sekuriti dan drone. Filter kamera ini juga memungkinkan mobil autonomous vehicle lebih dalam mengenali objek disekitarnya.

Panasonic dikabarkan juga sedang mengembangkan Micro Color Splitter yang bertujuan menjawab persoalan itu dan mengalirkan lebih banyak cahaya dari sensor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s