Melipat Desktop ke dalam Saku

sirius

Mengkombinasikan kekuatan sebuah PC Desktop dengan kepraktisan smartphone kini menjadi tawaran baru sejumlah pabrikan gadget. Salah satunya, perusahaan Belanda, Ockel menawarkan computer supermini bernama Sirius B.

Ockel menggambarkan perangkat ciptaannya berukuran tidak lebih besar dari iPhone 6 dan beratnya hanya 120 gram , lebih ringan dari iPhone 6 yang mencapai 129 gram. Karena itu, Sirius B digambarkan mudah dan nyaman dibawa ke mana-mana.

Walaupun ukurannya kecil, tapi spesifikasi dan fungsi nya sama seperti komputer meja pada umumnya. Ockel membekali dengan prosesor Intel Atom Bay-trail quad-core, RAM 2 GB, GPU Intel High Definition, media penyimpanan 32 GB, WiFi 802.11 a/b/g/n, dan Bluetooth 4.0. Selain itu, ada port HDMI, dua port USB, output microphone dan audio, serta dukungan terhadap kartu memori microSD. Sistem operasinya menggunakan Windows 10.

Sejauh ini Sirius B belum diproduksi massal. Ockel sedang mengkampanyekan di situs Indiegogo untuk mendapatkan dana produksi. Disitus urun dana ini, gagasan Ockel ini mendapat sambutan yang cukup baik. Buktinya, dana yang ditargetkan 10.000 dollar Amerika, sudah terlampaui. Hingga berita ini ditulis, dana yang terkumpul lebih dari 142.000 dollar Amerika atau 14 kali lipat dari target.

Komputer yang diklaim senyap karena tidak menggunakan kipas angin untuk pendingin ini, ditawarkan dengan harga mulai 149 dollar Amerika.

Selain Ockel Sirius B, computer mikro juga ditawarkan Kangaroo dan Intel Computer Stick.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s