Prius Terbaru Lebih Irit lagi

2016_Toyota_Prius_001

Prius generasi keempat akan lebih irit 18 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Sebuah lompatan besar dalam sejarah Prius.

Prius baru meminjam style dari mboil fuel cell Toyota Mirai. Sistem penggeraknya tetap menggunakan mesin 1.8 liter empat silinder yang telah ditingkatkan kinerjanya.  Pasangannya, motor listrik  dengan torsi besar. Mesin pembakaran dalam memproduksi daya 97 bhp dan torsi 105 lbft. Sementara motor listrik menghasilkan 71 bhp.

Toyota membekali Prius dengan baterai berukuran ringkas yang lebih cepat di isi ulang.  Sistem regenerative braking (energy pengereman yang biasanya terbuang jadi panas di rubah menjadi energy listrik) kini semakin cangih dengan penambahan boster hidrolis aktif baru yang dirancang leibh senyap. Bagi pengemudi menekan pedal rem juga terasa lebih alami.

Dimensinya panjangnya 4540 mm atau 60 mm lebih panjang dari sebelumnya.  Sementara wheelbase tetap sama, 2700mm. Sistem penggerak yang lebih kompak memberi jalan  agar baterai tambahan bisa pindah ke ruang mesin dan baterai hybrid diletakkan di bawah kursi belakang. Dengan perubahan itu, ditambaha dimensi  yang lebih panjang menghasilkan ruang bagasi yang lebih besar. Volumenya meningkat dari 445 liter jadi  502 liter.

2016_Toyota_Prius_002

Konstruksi generasi keempat ini memperlihatkan lompatan signifikan untuk Toyota. Prius ini menjadi model pertama yang dibangun diatas platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA).  Platform ini didesain agar lebih cepat untuk mendesain model baru sekaligus lebih murah saat diproduksi.

Dengan platform baru ini, sasis Prius lebih sophisticated dibandingkan sebelumnya.  Suspensi belakang double wishbone menggantikan torsion beam yang dipakai digenerasi sekarang.  Sementara di depan, system suspense McPherson disempurnakan.  Menurut Toyota, arsitektur baru itu membantu merendahkan titik pusat gravitasi mobil.  Sekaligus meningkatkan handling dan kelincahan mobil.

Platform TNGA akan memainkan peran penting dalam rencana produksi ke depan.  Lebih dari separuh model-model baru di masa depan akan menggunakan platform ini.  Salah satu keunggulan adalah peningkatan rigiditas yang berkorelasi dengan kelincahan mobil. TNGA membantu meningkatkan rigiditas Prius hingga 60 persen. Sementara pada model-model lainnya berkisar antara 30 – 65 persen.

Prius diperkirakan dipasarkan mulai awal tahun depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s