Inikah Apple iRing?

i-ring

Kantor paten dan merek Amerika Serikat (United States Patent and Trademark Office/USPTO) baru-baru ini merilis aplikasi paten dari Apple. Dalam aplikasi itu digambarkan perangkat layar sentuh yang dipakai di jari. Semacam cincin yang dilengkapi dengan microphone untuk berkomunikasi dengan Siri. Perangkat ini dilengkapi pula dengan rechargeable battery.

Cincin ‘ajaib’ ini digunakan untuk mengendalikan games dan shutter kamera dari jarak jauh. Juga berfungsi sebagai remote control untuk menggerakkan cursor di layar computer. Karena ukurannya , Apple juga membayangkan menempatkan pemindai sidik jari pada perangkat agar bisa dipakai bersanding dengan layanan mobile lainnya, seperti Apple Pay. Variasi lain adalah memasang kamera mini di cincin. Meskipun lebih mudah menyebutnya sebagai iRing, namun Apple punya nama resmi aplikasi itu, nama yang lebih mirip perangkat laboratorium yaitu “Devices and Methods for a Ring Computing Device.”

iRing Concept

iRing Concept

Aplikasi yang diumumkan itu memang bukan untuk aplikasi desain, namun bisa menggambarkan kemana perkembangan perangkat Apple di masa depan. Dan Apple tidak sendiri. Sebuah perusahaan start up bernama Ringly sudah menawarkan cincin permata yang bisa bergetar atau mengkerdipkan cahaya jika ada telpon/sms masuk ke ponsel yang jadi pasangannya. Berminat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s