Memilih TV: Ukuran Layar

Jarak aman menonton tv untuk melindungi kesehatan mata. Teknologi yang dipakai ikut menentukan

Salah satu pertimbangan utama dalam memilih perangkat TV adalah ukuran layar. Sekarang ada banyak pilihan dari 30 inch hingga lebih dari 60 inch. Selain dana yang dianggarkan, ruang tempat tv yang ditempatkan juga bisa dipakai untuk menentukan ukuran layar.

Ruang berkaitan dengan jarak aman menonton tv agar kesehatan mata terjaga. Dulu, jaman tv tabung (Cathodic Ray Tube/CRT ) jarak aman adalah lima kali diagonal tv. Sekarang jika membeli TV berteknologi High Definition (HD) maka jarak aman dihitung 3 kali tinggi layar. Jika membeli UHD TV yang resolusinya empat kali HD TV, maka jarak aman adalah 1,5 kali tinggi layar. Semakin tinggi resolusi tv jarak aman menonton bisa lebih dekat. Tapi jika anda bisa melihat individual pixel, ya…artinya terlalu dekat.

Grafis dibawah ini bisa menjadi panduan untuk menentukan jarak aman menonton tv bagi keluarga anda. Terlihat dari grafis itu, jika ruang untuk menonton televisi berjarak kira-kira 2 meter maka jika pilihannya CRT maka ukurannya maksimal 20 inch. Jika memilih HD TV bisa berukuran hingga 60 inch. Jika menggunakan UHD TV, layar berukuran 100 inch pun aman.

 

jarakTV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s