Xiaomi Sapa Afrika

Xiaomi sedang menampaki tangga sukses. Kombinasi kerja keras, harga kompetitif, viral marketing dan sejumput keberuntungan, mengantarkan produsen ponsel China ini sukses besar di pasar.

foodtank

Kini mereka bersiap mewujudkan ambisi besar lainnya yaitu masuk ke pasar Afrika dengan menggandeng Mobile in Africa yang akan menditribusikan ponsel nan menawan ini ke 50 negara di Afrika.

Strategi Xiaomi bekerjasama dengan distributor lokal ini terbukti sukses di Brazil dan India. Sukses Xiaomi juga disumbang oleh kanal penjualan online. Karena itu, Xiaomi dan Mobil in Africa juga menyiapkan penjualan lewat kanal online di 14 negara.

Diatas kertas, potensi pasar di benua berpenduduk 1.5 miliar orang itu sangat menarik. Namun tantangannya juga tidak ringan. Industri komunikasi seluler di banyak negara terbilang muda dan masih terus berkembang. Pasar utamanya, anak-anak muda Afrika juga menuntut fitur-fitur khas. Dan yang terpenting harus dijual dengan harga yang sangat kompetitif.

Afrika juga bukan pasar yang kosong. Google sudah lebih dulu masuk lewat program Android One. Mereka menawarkan ponsel Infrix Hot 2 dengan harga yang kompetitif, USD 87 (Rp 1.2 juta). Lebih kompetitif dibandingkan suguhan awal Xiaomi yaitu Redmi 2 (Rp 2,25 juta) dan Mi 4 (Rp 4.5 juta).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s