Sasis Serat Karbon

BMW Motorrad mengembangkan sasis serat karbon untuk motor produksi massal. Jika sukses, mereka jadi yang pertama di dunia.

bmw-carbon-fibre-chassis-motorcycle

Rencana pabrikan motor Jerman itu terungkap lewat paten yang baru saja didaftarkan. Dalam paten itu, BMW menyiapkan dua desain kerangka sepedamotor dengan material yang lebih kuat dari baja tapi sangat ringan itu.

Desain pertama digunakan untuk model-model sepeda motor sports. Mungkin untuk BMW S1000 RR generasi yang akan datang. Desain kedua bertipe trellis frame yang disiapkan untuk model-model lain yang lebih maintstream. Dengan mengimplementasikan material dan desain baru itu BMW bisa memangkas berat motor secara signifikan tanpa mengorbankan kekakuannya. Dibandingkan kerangka logam, beratnya kerangka serat karbon 40 persen lebih ringan.

BMW Motorrad punya sejarah panjang mengintrodusir teknologi teknologi baru dan inovatif ke motor-motor produksi massal, seperti rem ABS. Dan seperti tradisinya selama ini, pengembangan baru dan inovasi selalu dimulai dari model-model termahalnya yang kemudian menetes ke model-model lain yang lebih terjangkau.

Saat ini teknologi serat karbon baru diaplikasikan di sirkuit balap motor atau superbike supermahal yang sangat terbatas. BMW berpeluang untuk menjadi yang pertama karena pabrikan Jerman ini semakin masif penggunaan serat karbon. BMW sudah menggunakannya di mobil i3 dan i8 serta Seri 7. Diharapkan harga material ini akan dengan cepat turun karena skala ekonominya semakin besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s