Menghapus kesan ‘Cute’ Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion kini tampil lebih sporty menghapus kesan cute yang selama ini identic dengan kembaran Perodua Myvi itu. Astra Daihatsu Motor (ADM) secara resmi memperkenalkan serangkaian penyegaran untuk hatchback mungil ini di Jakarta, akhir pekan lalu.

Daihatsu membanggakan Sirion terbarunya in karena diracik dari spesifikasi tertinggi yang ditawarkan Perodua Myvi di Malaysia. Keduanya memang identik dan lahir dari rahim yang sama. Yang membedakan hanya logo dan nama saja.

 Ubahan dilakukan dari depan hingga belakang. Desiner Daihatsu membangun kesan sporty lewat ubahan pada gille baru yang lebih besar dan berwarna hitam, desain bumper baru, lampu depan dan fog lamp berteknologi LED. Dibagian belakang dilengkapi dengan roof spoiler, muffler cutter baru yang menegaskan kesan sporty. Yang tidak bisa diabaikan, desain alloy wheel baru.

Hadir dengan tiga warna baru Electric Blue, Ozzy Orange, dan Glittering Silver, plus satu warna lama Icy White, Sirion baru tetap mengandalkan mesin 1.3 liter dengan pilihan transmisi matik dan manual.  Meskipun Perodua Myvi punya versi 1.5 liter.

Ubahan di sisi ekterior terlihat pada sisi infotainment yang kini mengandalkan head unit 2 DIN yang terdiri dari radio, CD, MP3, Bluetooth, Aux-in dan USB port.  Sementara kendali system audio bisa juga dilakukan lewat tombol multifungsi di kemudi.

Fitur keamanannya juga semakin ditingkatkan dengan dua kantung udara SRS untuk dua penumpang depan. Kerja airbag didukung pretensioner dan forcelimeter yang berfungsi agar penumpang tetap terikat kencang tapi aman di kursinya.Di Malaysia, Perodua Myvi mendapatkan bintang empat dari ASEAN NCAP.

Daihatsu punya harapa besar terhadap SIrion.  Jika sebelumnya hanya terjual 300 unit/bulan, lewat model baru ini mereka berharap bisa meningkatkan hingga 500 unit. Untuk itu, Daihatsu menawarkan rival Honda Brio 1.3 liter dan Toyota Etios  ini dengan harga lama,  dimana versi manual ditawarkan Rp 155.825.000 sedangkan automatik Rp 166.825.000 juta. Sirion  diluncurkan pertamakali di Indonesia pada April 2007 dan full model change pada Juli 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s