Ford Focus RS  Sentuhan Ken Block

Ford meluncurkan generasi ketiga Focus RS  di Cologne, Jerman dan akan dipasarkan diseluruh dunia. Hot hatch ini hadir perdana dengan waran biru yang terinspirasi dari Ford FT.

Tercatat sebagai kendaraan ke 30 yang berhak menggunakan badge RS sejak 1968, Focus mengandalkan mesin 2.3 liter EcoBoost  yang bisa memproduksi daya maksimal 320 PS. Mesin ini dikombinasikan dengan All-Wheel Drive dengan Dynamic Torque Vectoring.  2016 Focus RS diproduksi di Saarlouis, Jerman  mulai akhir tahun ini dan Eropa menjadi pasar pertamanya sebelum menyebrang Atlantik menuju Amerika Serikat pada paruh pertama 2016.

Skema warna cat  Liquid Blue dikombinasikan dengan beragam pernik aerodinamis dan system pendingin mesin maupun rem, sumbangan kecil dari para insinyur Ford Peformance  di Eropa dan AS. Bahkan bintang Gymkhana dan pembalap rally Ken Block ikut jadi konsultan.

“All-new Focus RS adalah mesin serius dengan teknologi peforma teinggi dan inovatif yang menciptakan benchmark baru untuk kenikmatan berkendara di jalan maupun di sirkuit,” kata Raj Nair, group vice president, Global Product Development, Ford Motor Company.  “RS line punya tradisi panjang dalam terobosan teknologi yang membedakan dari Ford kebanyakan.”

Teknologi Ford Ecoboost yang terkenal itu menjadi inti perubahan generasi baru ini. Mesin empat silinder 2.3 liter EcoBoost menggantikan mesin lima silinder yang lama. Mesin EcoBoost ini juga dipakai oleh Mustang.  Peningkatan yang dilakukan meliputi twin-scroll turbocharger dengan compressor besar, intercooler lebih besar dan desain intake baru yang menghasilkan daya maksimal hingga 320 ps. Tenaga mesin itu disalurkan ke seluruh roda lewat High Peformance  AWD setelah melewati gearbox 6-speed manual.

Detail sepenuhnya baru bisa disaksikan dalam global debut di Geneva Motor Show,  Maret mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s