Jalan Tol Halal untuk Mobil Swakemudi

                Jangan kaget jika Anda nanti bepergian ke Jerman dan menemukan banyak mobil yang berjalan sendiri tanpa kehadiran manusia di dalamnya saat melintasi Autobahn A9 yang menghubungkan Berlin dengan Munich. Pemerintah Jerman sedang mempersiapkan “laboratorium” terbuka untuk menguji kesiapan sistem mobil-mobil yang dapat berjalan secara otonom mulai tahun 2015 ini. Autobahn sendiri telah dikenal sebagai jalan tol yang tidak ada pembatasan kecepatan.

                Autobahn A9 ini akan dipersiapkan dengan infrastruktur penunjang dengan pemancar radio khusus dan beragam sensor untuk memantau mobil-mobil tanpa pengemudi ini. Tak hanya itu, sistem komunikasi dengan menggunakan frekuensi radio 700 MHZ nantinya juga memungkinkan setiap mobil yang melintas saling bertukar informasi kondisi jalan.

                Langkah yang diambil oleh pemerintah Jerman ini tak hanya untuk mempercepat era mobil otonom di negara yang menjadi salah satu pusat otomotif dunia tetapi juga untuk melindungi pabrikan Jerman dari pabrikan AS dan Jepang yang saling berlomba memonopoli sistem navigasi kendaraan otonom tersebut. Google adalah salah satu perusahaan yang berambisi menguasai sistem navigasi dan komunikasi mobil tanpa pengemudi ini seperti halnya ketika perusahaan tersebut mendominasi pasar ponsel pintar dengan sistem operasi android.  (IDA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s