Beda Rasa Honda HR-V 1.5 dan HR-V 1.8 Prestige

Honda menawarkan dua jenis mesin untuk crossover terbarunya Honda HR-V yaitu berkapasitas 1.5 liter dan 1.8 liter.   Mesin pertama diturunkan dari Honda Jazz, sedangkan mesin yang lebih besar diwariskan dari Honda Civic.  Bagaimana peformanya? Sejauh ini masih misteri sampai Honda Prospect Motor memberi kesempata media melakukan test drive.

Dari hasil test drive di kawasan Bromo akhir Januari lalu terungkap bahwa  kendaraan ringkas berplatform serupa dengan Honda Jazz ini lebih pantas dikategorikan sebagai crossover ketimbang SUV. Dengan kata lain, habitatnya adalah di jalanan aspal mulus bukan medan kasar berlumpur. Sosoknya menyerupai hatchback tapi jangkung. Tampilan jangkung ini berkat penggunaan ban besar berukuran 215/56 R17 dengan ground clearance 185 mm atau lebih tinggi sekitar 35 mm dari Honda Jazz.

Meski didesain sebagai kendaraan kota dengan penggerak roda depan, Honda HR-V sekali-sekali masih bisa dipaksakan untuk mencicipi batas kemampuannya di lautan pasir Bromo, Jawa Timur.  Mesin 1,5 liter bawaan Jazz cukup responsif untuk kendaraan komuter tapi perlu sedikit didera saat menanjak di pegunungan.    Pedal gas Honda HR-V 1.5L perlu diinjak lebih dalam untuk mendapatkan torsi maksimal sebesar 145 Nm di putaran 4.600 rpm sementara tenaga puncak sebesar 118 hp dicapai pada putaran 6.600 rpm. Perlu sedikit trik agar dapat menanjak lebih enteng yaitu dengan memindahkan tuas transmisi ke S (Sport) dan sesekali mainkan paddleshif di belakang setir ke “gigi” lebih rendah. Transmisi CVT sendiri sebenarnya tidak memiliki gear tetapi hanya mengandalkan dua puli yang dihubungkan sabuk baja untuk menghasilkan rasio “gigi” yang berubah-ubah.

Lain halnya ketika berpindah ke Honda HR-V1.8L Prestige. Daya tarik utama bukan cuma pada atap panoramik yang dapat dibuka untuk merasakan segarnya udara. Di bawah kap mesinnya tersimpan mesin 4 silinder 1,8 liter bawaan Honda Civic. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 137 hp dengan torsi mencapai 169 Nm. Tenaganya diturunkan 3 hp sementara torsinya diturunkan 5 Nm jika diandingkan dengan mesin serupa yang terpasang di sedan Civic.

Tarikan yang dihasilkan varian HR-V termahal ini terasa lebih panjang dan bertenaga tanpa membuat transmisi terlalu sibuk berpindah. Sebaliknya saat digunakan di kota, karakternya cenderung overpower di tangan pengemudi pemula. Varian Prestige ini juga telah dilengkapi fitur-fitur canggih seperti pengontrol traksi elektronik yang dapat di non aktifkan jika pengemudi ingin merasakan roda spin saat diajak berakselerasi secara spontan dan sepasang kantung udara depan serta sepasang kantung udara yang terpasang di pilar kaca depan

Di pasaran, Honda HR-V bermesin 1,5 liter akan berkompetisi langsung dengan Nissan Juke dan nantinya kemungkinan dengan Mazda CX-3 yang belum di pasarkan di Indonesia. Sementara Honda HR-V 1.8L Prestige sejauh ini masih melenggang sendirian. Honda Prospect Motor memasarkan empat varian HR-V bermesin 1,5 liter dengan harga Rp 243 juta – Rp 288 juta. Sementara varian HR-V 1.8L Prestige ditawarkan dengan harga Rp 355 juta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s