Airbag Pembunuh di Mobil Anda?

Mengapa hanya Honda Brio, model yang terbilang anyar? Bagimana model-model lama?

airbag

Photographer: Koichi Kamoshida/Bloomberg via Getty Images

Sudah terima undangan dari Honda Prospect Motor soal pemeriksaan airbag? Sebaiknya segera sempatkan waktu untuk datang ke dealer terdekat.Yakinlah, pemeriksaan itu perlu di prioritaskan. Lagipula Honda menjanjikan waktu pemeriksaannya hanya 60 menit dan gratis.

Honda mengundang hampir seribu pemilik Honda Brio Satya dan Brio 1.2 AT untuk memeriksa dan jika perlu mengganti komponen”airbag inflator” yang tertanam di kemudi kedua model itu. Agen Tunggal Pemegang Merek Honda akan melakukan penggantian komponen itu di 942 unit mobil terdiri dari 668 unit Brio Satya dan 274 unit Brio 1.2 AT. Aktivitas ini mulai berjalan dari 6 November 2014 dan dilakukan secara serempak di seluruh Indonesia.

Tidak semua Brio yang dipasarkan di Indonesia bermasalah. Hanya yang diproduksi antara September 2013 sampai dengan Juli 2014, seperti dijelaskan Tomoki Uchida, President Director PT HPM. Ini yang menjadi pertanyaan, mengapa hanya Brio, model yang terbilang anyar? Bagimana model-model lama? karena airbag bermasalah itu sudah terjadi bertahun-tahun dan dipasang di banyak model.

Recall yang dilakukan HPM bagian dari program serupa yang dilakukan diseluruh dunia. Acungan jempol untuk Honda Prospect Motor yang secara terbuka mengumumkan recall di Indonesia. Padahal di negara lain, bukan cuma Honda saja yang melakukan recall airbag tapi merek-merek lain. Di Amerika Serikat, sedikitnya 15 merek yang sudah mengumumkan recall terhadap model-modelnya. Selain Honda, juga Toyota, Nissan, Subaru, Mitsubishi, GM, BMW, Acura, Chrysler, Dodge Ram, Ford, Infiniti, Lexus, Pontiac,dan Saab. Recall ini diperkirakan mempengaruhi lebih dari 16 juta kendaraan dan semuanya menggunakan airbag buatan Takata Corp.

Takata adalah perusahaan pemasok airbag terbesar kedua didunia setelah Autoliv, Swedia dan sedikit lebih besar dari TRW Automotive Holdings Corp. Takata sudah mengeluarkan hampir $750 juta dalam dua tahun ini untuk recall dan sahamnya turun hingga 29% tahun ini. Menurut Honda, Takata sudah menemukan solusi dari masalah itu. Karena itu proses recall mulai dijalankan diseluruh dunia.(IDR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s