Toyota Mirai

Toyota mengklaim Mirai menjawab semua tuntutan mobil masa depan

toyota mirai

Seperti dijanjikan, Toyota meluncurkan kendaraan fuel cell pertamanya sebelumnya 2015. Toyota Mirai begitu namanya, diperkenalkan secara resmi pada 18 November di Jepang dan dipasarkan mulai 15 Desember 2014.

Toyota mengklaim Mirai menjawab semua tuntutan mobil masa depan; desain unik yang langsung dikenali, asyik dikendarai, stabil karena titik gravitasi rendah, serta akselerasi kuat namun senyap.

Sedan yang versi konsepnya pernah dipamerkan di Jakarta ini diluncurkan tepat 17 tahun setelah Toyota Prius. Jika Prius menggabungkan mesin konvensional dan motor listrik, Mirai mengandalkan Toyota Fuel Cell System (TFCS). Inti dari teknologi ini adalah memproduksi listrik melalui reaksi hydrogen dan oksigen. Mirai –artinya masa depan- sangat ramah lingkungan karena emisinya air, kemampuan jelajah yang cukup jauh dan tidak perlu membuang waktu lama ketka isi bahan bakar hidrogen.

TFCS yang digunakan Mirai adalah kombinasi teknologi fuel cell dan teknologi hybrid. Komponennya terdiri dari FC Stack dan tangki hydrogen bertekanan tinggi. Efisiensi energi TFCS lebih tinggi dan mesin konvensional. TFCS juga tidak mengemisikan CO2 maupun gas polutan lainnya saat dikendarai.

Sedan yang pernah jadi bintang di anjungan Toyota-Astra Motor di IIMS 2014 itu juga dilengkapi layanan telematika untuk perjalanan yang aman, dan nyaman. Dan yang menarik, sedan ini juga berfungsi sebagai generator berkapasitas tinggi yang bisa menyediakan listrik untuk rumah tangga saat terjadi bencana.

Target penjualan di Jepang sekitar 400 unit hingga akhir 2015 dengan harga 7.23 juta Yen dan diproduksi di Motomachi Plant. Mirai juga akan dipasarkan di Amerika Serikat dan Eropa. Tentu saja Mirai hanya dipasarkan di kawasan yang sudah dilengkapi stasiun pengisian hydrogen. Di Jepang sudah ada di Tokyo, Osaka, Kyoto dan Fukuoka. Di Amerika Serikat sudah ada di California. Pembangunan jaringan pengisian hydrogen terus berlangsung di negara-negara itu. (IDR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s