Telisik Teknologi di Tubuh Mirai

Toyota Mirai menyimpan teknologi masa depan didalam tubuhnya .

Toyota Mirai

Drivetrain Toyota Mirai

Yang paling penting adalah Toyota Fuel Cell System (TFCS). Komponen sistem terdiri FC Stack, FC boost converter dan tanki hydrogen tekanan tinggi. Sistem ini bisa menyediakan energi listrik yang cukup untuk menempuh 650 km-berdasarkan pengujian Toyota dengan standar JC08 di Jepang.

Toyota FC Stack – tempat reaksi kimia hydrogen dan oksigen terjadi – bisa menghasilkan listrik hingga 114 kW. Proses membangkitkan energi listrik ini ditingkatkan efisiensinya dengan menggunakan 3 D fine mesh flow channel. Berkat piranti ini, oksigen bisa tersebar merata diseluruh permukaan fuel cell sehingga reaksi dengan hydrogen lebih seragam. Sehingga dengan ukurannya ringkas, output density mencapai 3.1 kW/L atau 2.2 kali lebih tinggi dibandingkan Toyota FCHV-adv yang dikembangkan Toyota sebelumnya.

Efisiensi pembangkit listrik fuel cell sangat dipengaruhi jumlah air di membram elektrolit. Mirai menggunakan sistem sirkulasi internal untuk mengatur air yang dihasilkan dari reaksi kimia hydrogen-oksigen itu. Dengan kata lain Toyota FC Stack yang dipakai Mirai adalah yang pertama didunia yang tidak memerlukan humidifier yang sebelumnya digunakan di kendaran fuel cell Toyota.

Converter baru yang berkapasitas tinggi dan berukuran ringkas digunakan untuk meningkatkan energi listrik yang di hasilkan Toyota FC Stack menjadi 650 Volt. Dengan meningkatkan tegangan listrik memungkinkan untuk mengurangi ukuran motor listrik dan jumlah fuel cell. Sehingga harganya lebih murah.

Toyota Mirai

Toyota Mirai mulai dipasarkan akhir tahun ini

Teknologi canggih lainnya adalah tangki bertekanan tinggi. Dibangun dengan struktur tiga lapis —kombinasi antara serat karbon dan material lainnya– sehingga bisa menyimpan hydrogen sampai tekanan 70 MPa atau 700 bar. Kapasitasnya 122.4 liter ( tanki depan 60.0 liter; tanki belakang 62.4 liter). Dibandingkan tanki hydrogen yang dipakai di Toyota FCHV-adv, kapasitas tangki meningkat 20%. Sementara bobot dan ukurannya lebih kecil. Dan hanya butuh 3 menit untuk mengisi penuh.

Motor listrik yang dipakai Mirai bertipe AC synchronous electric generator dengan output 113kW/154ps dan maksimum torsi 355 Nm. Listrik yang dihasilkan fuelcell disimpan di baterai Nickel-metal hydride yang sudah terbukti awet dan bisa dihandalkan. (IDR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s