Pengawal Virtual Toyota Mirai

Sifat gas hidrogen yang mudah terbakar memang mengerikan. Begini cara Toyota melindungi penumpang Mirai

Kerangka Toyota Mirai

Struktur kerangka Toyota Mirai

Mirai dirancang dengan memprioritaskan keamanan dengan memastikan hydrogen tidak akan bocor. Dan jika terjadi kebocoran, sistem mobil bisa dengan cepat mendeteksi dan menghentikan aliran gas dan mencegah akumulasi hydrogen di dalam kabin mobil.

Tangki dibuat kuat dan tahan lama serta memiliki sifat mencegah merembesnya hydrogen keluar. Sensor hydrogen akan memberi peringatan dan bisa menutup kran tangki seketika. Tangki hidrogen dan komponen lain yang berhubungan dengan hydrogen diposisikan di luar kabin mobil agar jika terjadi kebocoran bisa dengan cepat menguap ke udara.

Struktur mobil dibuat sedemikian rupa sehingga efisien menyerap energi benturan dan memastikan perlindungan terbaik terhadap FC Stack dan tangki hydrogen saat terjadi benturan frontal dari depan, belakang dan samping.

Kerangka Toyota FC Stack dibuat dari plastic yang diperkuat serat karbon yang bersifat thermoplastic. Material baru ini ringan, kuat dan mudah diproduksi secara massal. Material ini juga berfungsi menyerap getaran yang disebabkan lobang jalan.

Selain sistem perlindungan khusus untuk sistem hydrogen, fitur safety yang ditanamkan dalam mobil ini sangat canggih, termasuk;

1. Pre-collision System yang membantu mencegah terjadinya benturan atau paling tidak mengurangi kerusakan akibat tabrakan. Sistem akan memperingatkan dan mengerem jika peluang kecelakaan sangat besar.

2. Lane Departure Alert System yang memanfaatkan kamera untuk mendeteksi garis marka jalan dan memperingatkan pengemudi jika keluar dari jalurnya.

3. Drive-start Control membatasi start tiba-tiba atau akselerasi tiba-riba saat perpindahan gigi.

4. Blind Spot Monitor menggunakan radar untuk mendeteksi kendaraan di jalur sebelah dan meningkatkan keamanan saat hendak berpindah jalur. (IDR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s