Maharaja Ala Rolls-Royce

Sesampainya di India, keenam Rolls-Royce itu dipasangi sapu di bumpernya dan digunakan untuk menyapu jalan dan mengangkut sampah

rolls-royce-maharaja-phantom-drophead-coupe02

Dahulu sebelum India merdeka dan menjadi republik seperti saat ini, para Maharaja masih diakui sebagai penguasa wilayah lokal meski hak politiknya sangat dibatasi oleh pemerintah kolonial Inggris. Maharaja memiliki istana-istana yang indah dan perhiasan berlimpah bak di dalam dongeng . Mereka pula yang menjadi konsumen loyal Rolls-Royce sejak awal abad ke-20. Selama 50 tahun pertama di abad ke-20, 800 unit Rolls-Royce diekspor dari Inggris ke India. Di tahun 1940-an tercatat lebih dari 1.000 Rolls-Royce berada di negeri yang dibelah sungai Indus ini.

Berbagai kisah unik antara maharaja dan “kereta kencana” bermesin ini turut menghiasi sejarah Rolls-Royce. Suatu hari Maharaja Jai Singh dari Alwar mengunjungi sebuah dealer Rolls-Royce di London. Ketika ia menanyakan harga kepada si wiraniaga, hinaan yang berujung pada pengusiran dilontarkan kepada sang Maharaja karena ia yang hanya mengenakan pakaian seperti orang biasa dianggap sebagai orang miskin. Ia pun kembali ke dealer itu dengan pakaian kebesaran dan karpet merah yang telah dibentangkan oleh para pelayannya. Keenam Rolls-Royce yang dipajang langsung dibayar tunai termasuk biaya pengiriman ke India.

Kisah ini belum usai. Sesampainya di India, keenam Rolls-Royce itu dipasangi sapu di bumpernya dan digunakan untuk menyapu jalan dan mengangkut sampah ! Berita ini akhirnya tersebar ke seluruh dunia dan penjualan kendaraan super mewah ini sempat anjlok. Rolls-Royce segera memacat si wiraniaga dan meminta maaf kepada Maharaja Singh. Rolls-Royce memohon kepada Maharaj agar mobilnya tidak lagi untuk mengangkut sampah dan memberikan enam Rolls-Royce baru yang lebih mewah secara gratis.

Rolls-Royce

Phantom Drophead Coupe edisi Maharaja

Untuk mengenang jaman keemasan Maraja itu, Rolls-Royce merilis Phantom Drophead Coupe edisi Maharaja. Anehnya coupe mewah ini tidak diluncurkan di India tapi justru ditawarkan untuk konsumen di Dubai. Mobil yang dibangun selama dua tahun ini dilabur warna eksklusif Carrara White dengan motif burung merak, burung simbol India, dan garis bodi Emerald Green yang dilukis menggunakan kuas.

Motif burung merak juga ditemukan pada bordiran sandaran kepala. Sedangkan pada sandaran lengan di pintu berupa motif bulu ekor merak. Nyaris seluruh permukaan interiornya dibungkus dengan kulit Creme Light yang kontras. Rolls-Royce Phantom Drophead Coupe tetap ditenagai mesin V12 6,75 liter bertenaga 453 hp dan torsi 720 Nm. Keluaran mesin sebesar itu mampu melesatkan coupe seberat 2,6 ton ini dari keadaan diam hingga 100 km/jam hanya dalam 5,6 detik. (IDA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s