Honda Legend Super Hybrid

Sedan mewah ini efisiensi bahan bakarnya hampir 17 km/l dengan mesin 3.5 liter!

honda Legend
Generasi kelima All new Honda Legend yang akan dipasarkan mulai 22 Januari 2015 merupakan mobil yang sangat rumit. Jauh lebih rumit dari Prius, ataupun mobil-mobil hybrid lainnya. Honda menggunakan tiga motor listrik dan mesin bensin yang beberapa slindernya bisa di nonaktifkan untuk menghemat bensin. Dengan kecanggihan teknologinya, Honda mengklaim peforma Legend ini melebihi mobil bermesin V8 dengan efisiensi bahan bakar lebih irit dari mesin empat silinder.

Pemilik nama resmi Honda Legend Sport Hybrid SH-AWD ini menggkombinasikan mesin 3.5 liter V6 dan tiga motor listrik yang terintegrasi yang semuanya bisa menghasilkan 281 kW (382 PS). Dua dari tiga motor itu diposisikan dDibagian belakang dengan output maksimal 27 kW. Sepasang motor ini menggerakkan roda belakang. Tiga motor listrik ini bisa juga berperan sebagai generator pembangkit listrik saat deselerasi. Sedan ini punya tiga mode pengendaraan yaitu EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive.

Sistemnya bisa hanya mengandalkan motor listrik saja, atau hybrid atau mesin saja, semunya tergantung pada kondisi jalan dan input yang diberikan pengemudi. Sistem mobil akan memastikan peforma efisiensi terbaik. Saat bekerja dengan EV Drive mode, tenaga dihasilkan oleh motor listrik yang tenaga listriknya dipasok baterai Lithium ion. Tenaga motor listrik ini menggerakkan roda belakang. Jika beroperasi dengan Hybrid Drive, tenaga berasal dari mesin dan motor listrik dan dialirkan ke seluruh roda. Jika pada kondisi Engine Drive, tenaga semata-mata dari mesin bensin dan dialirkan ke roda depan.

Dua motor listrik di belakang selain untuk melajukan kendaraan juga berfungsi sebagai deselator. Dengan teknologi torque vectoring terbaru, mampu menhasilkan handling yang sangat stabil di beragam pola pengendaraan sekaligus kenyaman yang melebihi ekspektasi dikelasnya. Dan pada saat yang sama, sistem hybrid Legend mampu memberikan efisiensi hingga 16.8 km/liter yang diukur dengan standar JC08.

All new Legend juga dilengkapi Honda Sensing yang membantu pengemudi mencegah atau merespon secara efektif situasi berbahaya. Sehinga berkendara lebih aman dan lebih nikmat. Diantara fungsi-fungsi Honda Sensing adalah Collision Mitigation Braking System (CMBS) dan Pedestrian Collision Mitigation Steering System yang pertama didunia. (IDR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s