Rekor Ajaib Prius di Green Hell

Nurburgring alias Green Hell identik dengan kecepatan. Sedangkan Prius adalah efisiensi. Keduanya tidak mungkin disatukan. Tapi di Toyota, tidak ada yang tidak mungkin.

toyota prius

Prius Plug-in Hybrid di sirkuit Nurburgring

Di Sirkuit yang pernah dipakai untuk F1 Jerman, Toyota Prius Plug-in hybrid bukan mengejar kecepatan. Tapi rekor irit-iritan bensin menempuh satu lap sirkuit. Mungkin anda bayangkan ini pekerjaan gampang. Cukup sentuh ringan pegal gas lalu melaju pada putaran mesin paling efisien. Ternyata tidak segampang itu.

Begini caranya

Pertama, Prius harus tunduk pada aturan bahwa mobil yang turun ke lintasan harus melaju diatas 60km/jam. Kedua selain berliku-liku, lintasannya juga naik turun. Titik terendah dan tertinggi memiliki beda elevasi hingga sekitar 300m. Ketiga, sirkuit ini dilengkapi dengan satu tanjakan panjang yang hanya bisa dilewati dengan menekan pedal gas lebih dalam.

Dikemudikan Joe Clifford, satu lap sirkuit sepanjang 20.8km diselesaikan dalam 20 menit 59 detik. Konsumsi bahan bakarnya rata-rata 298 km/liter! Hampir 300km/liter. Menurut Toyota, Prius Plug-in Hybrid hanya butuh 5 sendok teh bensin saja untuk melintasi sirkuit itu.

Rekor ini tercipta berkat baterai Li-Ion berkapasitas 1.3 kWh yang menyediakan energi listrik untuk menggerakkan mobil di sekitar 17.7 km pertama. Selepas itu hingga finish baru menggunakan mesin bensin. Itulah rahasia mengapa bensinnya bisa begitu irit.

Jika ada yang menggugat bahwa Prius Plug-in Hybrid seharusnya dimasukkan dalam kelompok mobil listrik, maka Toyota tidak perlu menundukkan muka. Karena rekor kecepatan mobil listrik di Nurburgring ada padanya.

Rekor pertama dibuat tahun 2011 dengan mobil TMG EV P001. Setahun kemudian rekor itu dipecahkan oleh TMG EV P002 dengan waktu 7.22.329 atau 25 detik lebih cepat dari rekor sebelumnya. Rekor itu bahkan sedikit lebih cepat dari salah satu mobil sport bermesin bensin pada masa itu. (IDR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s