Avanza di Mata Asing

Menurut situs otomotif DriveArabia, Avanza adalah jawaban keinginan konsumen yang selama ini merasa frutasi

Toyota Avanza

Negara-negara Teluk yang kaya itu terkenal menjadi pasar utama brand-brand otomotif papan atas dunia. Nama-nama besar seperti Ferrari, Lamborghini, McLaren, Aston Martin, Rolls-Royce, Bentley, Mercedes-Benz, Audi, BMW dan seterusnya menempatkan negara kaya minyak itu sebagai pasar penting.

Kesanalah Toyota mengekspor Avanza. Sejak tengah Juni 2014, Toyota Avanza akan bersaing dengan kendaraan berukuran besar dan bertenaga raksasa? Bagaimana reaksi pasar?

Salah satu situs otomotif lokal, DriveArabia membuat artikel yang menarik tentang Avanza. Menurut situs itu, Avanza adalah jawaban keinginan konsumen yang selama ini merasa frutasi karena tidak mendapatkan mobil yang didamkan. Selama ini konsumen mengeluh karena mobil terlalu mahal, tidak ada kursi baris ketiga, tidak memiliki Bluetooth, tidak memiliki port USB, tidak hemat bahan bakar, tidak rear-wheel-drive, dan sebagainya.

Avanza menjawab semua kebutuhan itu. Versi yang dipasarkan di Uni Emirat Arab bermesin 1.5 liter 102hp dengan transmisi automatic 4-speed. Namun yang paling dikagumi dari minivan ini adalah 7 tempat duduknya. Menurut DriveArabia, meskipun memuat tujuh penumpang, ruang kaki Avanza sama lapangnya dengan Yaris, sementara ruang kepalanya seperti Previa. Fitur standarnya berlimpah seperti tiga bottle holder di pintu depan, juga dipintu belakan, CD/MP3 stereo, USB/AUX Ports, keyless entry, power windows, power mirror, Bluetooth dan dua airbags. Juga lampu kabut, alloy wheel 15 inch, AC manual dengan ventilasi di kursi belakang, rear window wiper. Plus sistem pengereman dengan teknologi ABS dan EBD.

Ketka melakuan test drive singkat, pujian DriveArabia kembali meluncur. Yang dipuji cukup banyak, seperti posisi duduk yang tegak, jendela lebar yang menghasilkan visibilitas lebih besar. Sistem kemudi bekerja baik ditunjang sistem transmisi yang responsif. Body roll juga minimal. “Pada dasarnya seperti mengendarai Yaris berukuran besar”, puji situs yang banyak mengulas sedan.

Tentu saja dibalik pujian ada kritik, misalnya pengendaraannya yang sedikit kaku meskipun tidak menggangu, juga suara yang menerobos masuk saat melaju diatas 100km/jam karena peredam suara yang terbatas. (IDR)

One Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s