Ayla Justru Dibeli Orang Kaya

Sejumlah indikasi menunjukkan Daihatsu Ayla ternyata lebih banyak dibeli orang kaya dan belum menjangkau konsumen yang di tuju sebenarnya. Indikasinya adalah, permintaan tertinggi justru dari tipe paling mahal yang harganya diatas Rp 100 juta. Indikasi lain, pembeli cash justru lebih tinggi dari biasanya. Jika normalnya pembeli cash hanya 30% sekarang 50% dari total penjualan.

Ayla itu bulan kemarin sekitar 4500 unit. Karena awal-awal, normal jika demand tinggi dengan pembeli cash yang banyak. Dan orang-orang kaya yang beli, tipe yang paling banyak tipe X,” kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM, disela-sela Bursa Oto Seken di Bekasi, Minggu (17/11).

Hadirnya Daihatsu Ayla dan model-model lainnya ternyata menggerus pasar low MPV. Dulu Xenia bisa terjual 7000 unit/bulan, sekarang turun di level 5000 – 6000 unit. Kondisi ini tidak hanya dialami Daihatsu Xenia, tapi semua low MPV. Akibanya market share L-MPV turun dari 34 persen ke 27% dari total pasar nasional. “Gara-gara ada LCGC orang pindah dari semula memilih Low MPV sebagai kendaraan tambahan, kini pindah ke LCGC. Pasar MPV memang turun. Sementara pasar LCGC sudah bergerak ke sepuluh persen,” terang Amel.

Tingginya permintaan Ayla menyebabkan inden mencapai dua bulan untuk tipe yang paling banyak diminati, yaitu tipe X. Saat ini kapasitas produksi Ayla sekitar 4500 unit perbulan, sama dengan Toyota Agya.

Dalam keluarga Daihatsu, Ayla kini berada di posisi kedua setelah Xenia. Namun apakah Ayla bakal menjadi nomer satu, tampaknya tidak. “Ayla belum bisa jadi nomer satu, bahkan mungkin Grand Max jadi nomer satu. Sekarang ini penjualan tiap bulan bisa 6000 unit.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s