April Fool paling gokil

Tradisi April Fool memang tidak jelas asal-usulnya. Tradisi untuk ngerjai orang lain setiap 1 April ini  dikenal luas di seluruh dunia.  Konon kabarnya, awalnya dari Eropa di abad 18 di Inggris. Lalu menyebar ke seluruh dunia. Termasuk ke Indonesia juga. Khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta.

Di abad modern, aktifitas menjahili orang lain tidak terbatas antar teman, tapi sudah meluas. Bahkan melibatkan koran, radio, televisi dan website. Mereka menyiarkan berita bohong yang dikemas seperti fakta.  Salah satu yang paling terkenal adalah reportase BBC, 1 April 1957 tentang petani Swiss yang memanen spaghetti dari pohon. Reportase itu dilengkapi dengan foto petani sedang panen. Berita ini sukses membodohi pemirsa-nya yang bertubi-tubi menghubungi BBC untuk tahu cara memananm pohon spaghety di rumahnya…

Panen spagheti yang difoto BBC

Contoh lain adalah liputan khusus  pada 1 April 1977, koran Inggris The Guardian merilis  laporan khusus 7 halaman yang menceritakan tentang San Serriffe yang digambarkan sebagai rebuplik kecil di Samudra Indonesia.  Digarap serius, termasuk petanya. Diulas mulai geografis hingga budayanya.  Dua pulau terbesar di beri nama Upper Caisse dan Lower Caisse. Ibukotanya Bodoni dan pemimpinnya Jendral Pica.  Begitu terbit, telepon redaksi The Guardians tidak berhenti bordering.  Pembaca bertanya dan memitan informasi lebih jauh tentang spot-spot untuk liburan.  Hanya sedikit pembaca yang sadar bahwa semua nama di negara kepulauan itu diambil dari istilah di percetakan.

peta San Serriffe buatan The Guardian

Contoh lain yang sangat terkenal dibuat Sports Illustated edisi April 1985. Salah satu artikelnya bercerita tentang rookie pitcher bernama Sidd Finch. Anak muda ini dilaporkan bisa melempar bola hingga kecepatan 269km/jam dengan sangat akurat.  Itu berarti lemparannya lebih cepat 104km/jam dari rekor yang ada saat itu.  Yang lebih mengejutkan, Sidd Finch belum pernah bertanding sebelumnya.  ‘Kesaktiannya’ itu didapat  dari pendeta Tibet.  Hebohlah para fans.  Anda bisa bayangkan seheboh apa kira-kira fans sepakbola di Indonesia kalau ada pemain yang lebih hebat dari Lionel Messi yang ditemukan di sudut kampung. Para fans berebut mengubungi redaksi majalah itu untuk menuntut informasi lebih dalam tentang pemuda berbakat itu. Padahal sejatinya Sidd hanya rekaan. Dia Cuma ada di imajinasi penulisnya, George Plimpton. George sebenarnya sudah meninggalkan petujuk di di sub judul tulisannya. Yaitu “ He’s a pitcher, part yogi and part recluse. Impressively liberated from our opulent life-style, Sidd’s deciding about yoga —and his future in baseball.” Ingin tahu? Susun huruf yang tercetak tebal itu.

April fool adalah seni orang. Dan itu kerja serius. Bukan konyol. Coba klik link ini: http://www.museumofhoaxes.com/hoax/aprilfool/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s