Kandidat Ford EcoBoost 3.0 liter

Ford terus beraksi meluncurkan mesin-mesin baru yang menggetarkan hati, terutam lewat teknologi EcoBoost.  Salah satu yang kemungkinan besar akan diluncurkan adalah mesin V6 dengan kapasitas ruang bakar kecil.

Hal itu terungkap  dari rancangan perjanjian tenaga kerja antara Ford dan UAW (United Auto Workers) Rencana itu terpampang  jelas dalam situs resmi UAW . Belum ada informasi detail. Namun spekulasi yang beredar,  mesin V6 dengan kapasitas ruang bakar  antara 2.5 liter hingga 3.0 liter.  Meskipun ada kemungkinan varian ini naturally aspirated, namun kemungkinan yang lebih besar, mesin ini akan menggunakan teknologi EcoBoost.

Mengapa?  Yang pertama, karena teknologi ini mampu memproduksi tenaga besar dengan mesin kecil dan efisiensi bagus. Lihat saja mesin Ford 2.0 liter EcoBoost yang mampu memproduksi 247hp dan mesin yang lebih besar 3.5 liter turbo V6 mampu memproduksi 365hp.  Biasanya untuk memproduksi tenaga seperti itu dibutuhkan mesin yang kapasitas jauh lebih besar.   Yang kedua, belum ada mesin 3.0 liter EcoBoost.

Mesin baru ini akan diproduksi di pabrik Ford di Lima, Ohio dengan investasi $400 juta.

Ford sedang agresif mengembangkan pasarnya. Untuk kawasan Asia Pasifik termasuk Indonesia, Ford akan merilis 8 model baru dalam lima tahun ke depan.  Karena itu mereka bekerja keras mengembangkan model-model baru termasuk teknologi-teknologi unnggulan untuk merebut pasar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s