Mau Beli Gas Air Mata?

Gas airmata jadi sering ditembakan dalam beberapa hari terakhir di seluruh negeri. Lihat saja saat Polri membubarkan aksi demo BBM di DPR. Ketika Polisi melepaskan tembakan gas air mata ke massa, massa bubar kocar kacir. Lari tunggang langgang. Panik. Menghindar dari sergapan asap putih yang bikin mata perih, nafas terbatuk-batuk, mulut perih. Gas ini memang efektif menjinankkan massa yang mulai liar.

Seorang mahasiswa lari menghindar dari asap gas airmata yang ditembakkan polisi saat membubarkan aksi demo di Jakarta (27/3) Di foto oleh Dita Alangka-AP

Menurut Wiki, gas air mata tergolong senjata kimia. Tapi yang ini tidak mematikan. Paling parah, buta sementara. Gas yang dipakai disebut CS (chlorobenzylidenemalononitrile), adapula yang namanya CN (chloroacetophenone). Gas itu tersimpan dalam wadah khusus (canister). Polisi menggunakan senjata khusus untuk melontarkan canister itu ke arah kerumunan masa.

So, berapa harganya? Kalau melihat laman keepshooting.com, salah satu contoh adalah Clear Out 6oz Tear Gas Grenades harga $ 16.49 (Rp 151.000). Kandungannya CS akan tersembur keluar dalam waktu 60 detik dan menutup area dengan volume 23.000 cubic feet atau sekitar luasan 300m2.

Didalam negeri ada laman beranimurah.com yang jual Rp 125.000 untuk botol kecil dan Rp 150.000 untuk botol besar.

Selain untuk keperluan law enforcement, gas ini juga tersedia untuk self-defence. Nah yang ini bentuknya macam-macam. Mulai dari semprotan kecil hingga mennyatu dengan senter. Anda harus berusia diatas 21 tahun untuk beli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s