Maret Spesial

Maret jadi akhir tahun fiskal bagi perusahaan otomotif Jepang. Dan jadi saat paling tepat mengumumkan rencana-rencan besar mereka. Honda lalu Nissan mengumumkan rencana ekspansi di Indonesia bulan ini. Sementara di Thailand,  Mitsubishi lalu Suzuki meluncurkan model terbarunya.

Honda Brio yang diterjang banjir Thailand. Ribuan unit Brio dimusnahkan

Apa benang merah kedua fakta itu? Semunya berkaitan dengan mobil murah. Di Thailand disebut eco-car di sini low cost, gree car (LCGC).  Thailand lalu Indonesia memang berambisi menggelembungkan industry otomotifnya. Maklum, besarnya industry otomotif akan menarik industry lain untuk besar dan mendorong roda ekonomi berputar lebih cepat.

Program eco-car di Thailand sudah lama. Jadi sekarang menuai buahnya. Nissan paling cepat. Maret tahun lalu mereka meluncurkan eco-car, Nissan March yang cukup sukses. Lalu Honda Brio yang start buruk karena dihantam banjir Thailand.

Lalu, Maret tahun ini Mitsubishi meluncurkan Mirage, juga eco-car di Thailand. Model ini diklaim cocok untuk Negara berkembang maupun maju.  Disusul Suzuki Swift yang diluncurkan pekan ini.  Toyota rupanya lebih suka menunggu. Mereka akan hadir akhir tahun 2012.

Mitsubishi Mirage, diperkirakan hadir di Indonesia tengah tahun ini

Di Indonesia, Nissan Motor Co. mengumumkan bangkitnya merek Datsun (21/3). CEO Nissan-Renault sendiri yang umumkan itu sekaligus rencana ekspansi pabrik Nissan di Cikampek hingga mampu produksi 250.000 unit pertahun dengan investasi $ 400 juta. Dan Datsun adalah merek LCGC dari Nissan.   Jadi nantinya bukan Nissan March ex Thai yang didapuk sebagai LCGC Nissan.

Beberapa hari sebelumnya Honda Motor Co. juga mengumumkan perluasan pabrik di Karawang hingga dua kali lipat dari luas yang ada sekarang, (15/3). Kapasitas produksinya naik dari 60.000 unit pertahun jadi 180.000 unit. Pabrik ini akan produksi Brio yang disiapkan untuk LCGC. Pabrik itu juga akan memproduksi mpv yang disiapkan bermain di segmen Avanza-Xenia.

Jauh sebelumnya, Suzuki dan Toyota sudah umumkan rencana ekspansi mereka.

Ok, lalu apa urusannya dengan kita?  Weitts. Jangan defensif dulu. Berdasarkan regulasi yang disiapkan pemerintah, agar mendapat insentif, mobil-mobil itu harus memenuhi syarat. Pertama murah –kabarnya dibawah Rp 100juta. Kedua irit, harus diatas 22km/liter.  Bila ini benar-benar dipenuhi pabrikan itu, maka kita-kita punya kans lebih besar punya mobil. Bukan begitu?

Tapi, bagaimana dengan jalan, macet, bbm, polusi, attitude di jalan??????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s