Grand Avega: Style, Space and Shiftronic. -part 1-

Style menawan

Dari sisi style, grand Avega  patut dapat acungan jempol. Semua bagian dieksekusi dengan sempurna.  Decak kagum untuk penyelesaian buritan yang kental aroma mobil Jerman. Bagian sampingnya mengingatkan pada Mazda2 dengan garis mirip dari bumper depan hingga  pinggul belakang.  Sementara lengkungan garis atapnya memastikan hatchback ini terlihat sporti. Disian overdome membantu membangun kesan bertenaga.Image

Interiornya tidakkalah elegan. Dashboard jadi point terpenting.  Kursinya berlapis fabric juga terbilang nyaman  pengatur manual, termasuk mengatur ketingggian pada kursi pengemudi.  Kemudinya nyaman digenggam demikian pula diameternya pas.  Panel meternya mudah dibaca ditambah on board computer.  Dirancang untuk lima penumpang, kursi belakang dilengkapi tiga head rest.  Setiap penumpang mendapat seatbelt tiga titik,kecuali penumpang tengah belakang yang mendapat lap belt. Sandaran tangan berbentuk busur mungkin tidak senyaman yang konvensional meskipun dari sisi style menarik.

Space lapang

Grand Avega punya dimensi  panjang 4115mm atau 100mm lebih pendek dari Avega namun 20mm lebih lebar yaitu 1700mm sedangkan tingginya 62mm lebih tinggi yaitu 1457mm. Sedangkan  wheelbase Grand Avega adalah 2570mm sementara Avega 2440mm. Selisih 130mm ini dimanfaatkan sepenuhnya untuk kenyamanan penumpang kursi belakang.  Ruang kaki penumpang belakang dan depan lebih dari cukup. Ruang kepala untuk penumpang depan jauh lebih baik dari penumpang belakang.Image

Bukan cuma ruang untuk penumpang, tapi juga bagasi mobil yang ekstra lebar. Bagasi dengan pintu yang terbuka ke atas/tail gate memudahkan untuk memasukkan dan mengeluarkan barang.  Kapasitasnya cukup untuk kebutuhan keluarga. Selain bagasi, glove box juga cukup besar dan bisa, ditambah beberapa cup holder. Image

Peforma mesin

Dari sisi peforma engine, Grand Avega jauh lebih baik dari Avega. Sama-sama menggunakan mesin empat silinder, kapasitas ruang bakar Grand Avega 1396cc, sementara Avega 1495cc.  Meskipun lebih kecil, produksi tenaga jauh lebih besar yaitu 108ps/6300rpm dan torsi 13.9kg.m/5000rpm.  Mesin dari keluarga Gamma dengan teknologi DOHC ini jauh melampaui kemampuan mesin SOHC  Avega yang produksi tenaganya 91ps/5500rpm dengan torsi  13.2 kg.m/3000rpm.  Produksi tenaga Grand Avega memang impresif. Lebih besar dari Ford Fiesta 1.4 liter (95ps/5750rpm), Hyundai i20(100ps/5500rpm, bahkan Mazda2 (103ps/6000rpm) padahal kapasitas mesinnya lebih besar.

Nilai plus lain, Grand Avega dilengkapi fitur Auto Eco, dimana saat mesin beroperadi dibawah 2500rpm, secara otomatis mode pengendaraan Eco aktif sehingga membantu menghemat bensin. Diatas 2500rpm fitur ini off.

Sistem suspensi bertumpu pada MacPherson strut (di depan) dan torsion beam di belakang.  Roda yang membalut alloy wheel 14 inch dikawal ventilated disc di roda depan dan drum di roda belakang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s