Mengintip Interior Suzuki Ertiga

Jika menyimak tampilan interior Ertiga, point of view pertama adalah disain dashboard yang elegan dan modern. Menawarkan lekuk-lekuk indah sekaligus fungsional.  Dashboard dibuat dari material berwarna dark grey, dikombinasikan dengan warna beige dibagian bawah. Jadi mulai dari glove box, center stack kebawah berwarna beige.  Diperbatasan kedua warna itu diberi aksen aluminium brush bernuansa silver.

Dashboard menajadi rumah untuk dua cupholder disamping kiri-kanan. Cup holder ditempatkan tersembunyi dan dikeluarkan dengan menekan tombol.  Dashboard juga jadi rumah untuk 2DIN audio system dan dua tweater.  Tentu saja juga tachometer, speedometer dan beberapa indikator lainnya.

Kemudi tilt steering. Ada delapan cup holder yang tersimpan di seluruh bagian. Ada  sejumlah tempat penyimpanan mulai bagian depan sampai belakang.  AC blower hanya satu, meskipun Suzuki tidak menutup kemungkinan akan meluncurkan varian dengan double blower.

Dari leaflet Suzuki Maruti Ertiga, terlihat kursi dan door trim bersalut warna beige.  Kursi dilengkapi head rest. Kursi baris kedua dilengkapi arm rest yang bisa dilipat dijadikan sandaran untuk penumpang tengah.  Armrest juga tersedia di tiap pintu.  Tiap kursi dilengkapi dengan seatbelt tiga titik.  Kursi pengemudi bisa diatur maju mundur, naik turun dan kemiringan sandaran secara manual.  Suzuki mengklaim kualitas dan ketebalan bantalan  kursi terbaik dikelasnya.

Konfigurasi kursi cukup fleksibel, bisa dilipat dan digeser.   Kursi baris ketiga diklaim sangat nyaman karena hip point yang tinggi.  Data Suzuki Maruti, jika kursi baris ketiga dipakai, maka ruang bagasi yang ada sebesar 139 liter.  Sementara jika kursi belakang dilipat, maka ruang bagasi bertambah hingga 400liter. Kursi-kursinya bisa dilipat, meskipun tidak rata lantai tapi relative datar.

Suzuki bekerja keras untuk membangun interior Ertiga.   Hasilnya memang tidak mengecewakan. Kabarnya, untuk melihat respon konsumen, Suzuki melakukan survey terhadap 150 pengguna minivan di Indonesia dan hasilnya 98% mengaku menyukai disain interior Ertiga.

Kunci utama adalah wheelbase sepanjang  2740mm paling panjang  dibandingkan New Avanza-Xenia (2.655mm) dan Grand Livina (2600mm). Faktor kedua adalah lantai datar dan rendah karena Ertiga menggunakan system penggerak roda depan sehingga tidak ada tonjolan di lantai untuk rumah propeller shaft.

3 Comments

  1. oklah..smakin jelas…wlw kenapa lagi2 ACnya single blower aja???? sayang banget…bikin mikir 2x d…dan harganya kapaaaannn???lama banget…jangan banyak2 dong ambil untungnya.

    Reply

  2. siiip….. awalnya sih naksir dan nunggu2 banget, tapi kok AC nya single blower ? yang belakang bisa kepanasan dong! pingin segera tahu gimana sih ujudnya?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s