Eksterior Ertiga Menggoda

Suzuki Ertiga  menawarkan disain eksterior yang stylish dan modern.  Dilihat dari depan, perhatian utama akan tertuju pada lampu utama yang berukuran besar. Lampu dengan reflector berukuran massif  mengingatkan pada disain lampu Swift.   Selain menjadi rumah bagi lampu hi-beam dan low-beam, juga menjadi tempat lampu sinyal belok yang posisinya dibagian atas.

Bumper depan juga jadi pusat perhatian karena bentuknya yang mengingatkan pada Swift Sport dengan spoiler lip yang terintegrasi.  Bumper depan juga jadi rumah untuk lampu kabut. Sementara lengkungan kap mesin  mengingatkan pada Suzuki Splash.

Dibagian samping  ada spion dengan lampu sein. Garis rumah roda yang tegas menyimpan ban yang membalut  wheel berdiameter  15 inch disemua tipe. Sebagai pembanding, All new Avanza –Xenia  menggunakan velg 14 inch, sementara Nissan Grand Livina 15 inch.   Dua tipe teratas menggunakan alloy wheel, sementara tipe  termurah steel wheel. Handel pintu sewarna body. Sementara pintu dibuat sama lebar antara pintu depan dan belakang.  Lengkungan atap juga terlihat lebih dramatis.

Bagian belakang juga menonjolkan lampu kombinasi berbentuk segita yang mengingatkan pada Honda Jazz. Lampu ini terbagi dua, atas merah dan bawah putih. Semua tipe juga sudah dilengkapi dengan spoiler atas dibagian belakang. Spoiler ini juga dilengkapi lampu rem/high mount brake lamp. Sementara bumper belakang dilengkapi sejumlah reflector merah dengan disain modern. Soal spoiler ini memang patut diapresiasi karena rival-rivalnya hanya menawarkan spoiler di kelas paling atas.

Dengan ground clearance 185mm, sama dengan Grand Livina. Berdasarkan spek yang rilis Suzuki Maruti Inda, Ertiga punya dimensi  4265mm x 1695mm x 1685mm (p x l x t).  Sebagai pembanding, Grand Livina  4420 x 1690 x 1595 atau dengan kata lain Ertiga lebih pendek, lebih tinggi dan lebih lebar.  Sementara jika dibandingkan New Avanza  (4.140 x 1.660 x 1.695)mm,  Ertiga  lebih panjang, lebih tinggi, tapi lebih sempit.

Secara keseluruhan Ertiga mengkombinasikan karakter sporty lewat disain bumper depan dan lengkungan atap dengan fungsionalitas sebuah minivan lewat disain pintu-pintu yang lebar.  Ertiga juga terlihat rapih, simpel namun tetap elegan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s