Asuransi Tepok Jidat

Berurusan dengan asuransi kadang bikin kita tidak sadar menempuk dahi sendiri  karena tidak sadar telah melakukan tindakan yang menyalahi polis.

Head of Marketing Communication & PR PT Asuransi Astra Buana Lurentius Iwan Pranoto  bicara panjang lebar soal itu. Menurutnya  pihak asuransi dan tertanggung selalu mengacu pada Polis Standar Asuransi  Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI).  “Saya rekomendasikan untuk selalu membaca dan mehami PSAKBI. Cuma dua halaman kok,” katanya.

Diambil dari matanews.com

Namun masih saja sering terjadi misintepretasi terhadap soal itu-soal itu. Misalnya jika mobil dikemudikan anak tertanggung, lalu kecelakaan sementara si anak tidak memiliki SIM, maka klaim akan gugur.  Soal melewati genangan terus rusak (gugur) dan rumah banjir mobil tenggelam (cair).  Lecet karena mendorong atau ditarik mobil lain (gugur) dan banyak hal lain. Simak PSAKBI dibawah ini.

“Jadi prinsip dasarnya bisa klaim jika tidak melanggar hukum,” kata pria murah senyum ini. Hal lain harus diperhatikan adalah penggunaan mobil normal sesuai yang dicantumkan di polis, tidak dipakai untuk melakukan perbuatan jahat, tidak karena penggelapan/hipnotis. Yang tidak kalah pentingnya adalah melengkapi dokumen untuk keperluan klaim.

Pihak asuransi juga kadang tepok jidat juga jika ada kustamer complain. Pria jangkung ini menceritakan pengalamannya saat harus dikomplain kastamer yang ban serep dan velg-nya hilang. Sesuai PSAKBI, asuransi harus menggantinya. Persoalannya,  ban dan velg yang seperti yang hilang tidak ada lagi dipasaran. Lalu bagaimana solusinya? “Pihak asuransi bersedia membayar senilai ban dan velg yang angkanya bisa dibicarakan,” terang Iwan. Namun kastamernya menolak.  “Customernya..minta diganti 5ban dan velg..padahal yg ilang 1…OMG,” katanya sambil mencantum ikon tepok jidat di status BBM-nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s