Untung Rugi Pakai Ban Low Rolling Resistance

Gemuknya pasar 4×2, khususnya low MPV dan City Car mendorong Brigdestone  Tire Indonesia melengkapinya dengan varian berukuran 14inch yaitu 185/70 R14 dan 195/70 R14.  Ban ukuran ini biasa dipakai city car dan low MPV, diperkenalkan  di Jakarta, Sabtu (28/1), tepatnya di kawasan Banjir Kanal Timur, depan McDonald Radin Inten.

Ban ini diproduksi di Indonesia dengan kapasitas produksi 12.000 unit/bulan. Selain dipasarkan di Indonesia, ban ini juga dipasarkan di Amerika Serikat dan Thailand seperti disampaikan Dept Manager Technical Services  PT Bridgestone Tire Indonesia, Agus Sarsito.

Ecopia tergolong low rolling resistance tire artinya ban yang memiliki tahanan gulir rendah. Pendek  kata, dengan energi  yang sama dia bisa bergulir lebih jauh.  Jika diaplikasikan di mobil, energi yang diperlukan untuk menggulirkannya lebih rendah sehingga mesin tidak perlu bekerja keras. Ujung-ujungnya konsumsi bahan bakar turun dan emisi diteken. “Pengujian kami,  Ecopia bisa menekan konsumsi bahan bakar hingga 3.1% dibandingkan ban Bridgestone non Ecopia, ” terang Agus. Disisi lain, kekurangan ban ini adalah harga yang lebih mahal daripada ban konvensional.

Ban yang dibuat dengan komposisi karet sintetis 65% dan karet alam 35% ini memiliki lifetime sekitar 2 tahun atau jarak tempuh 80.000 –  100.000 km. Tentu saja dengan perawatan yang tepat seperti selalu menjagai tekanan angin ban sesuai rekomendasi dan rotasi ban berkala.

“Ban akan tersedia dipasar mulai Februari – Maret,” terang Marketing Operation PT BSI, Linda Yuselinda. “Harganya nanti anda bisa cek di toko resmi Bridgestone. Disana anda akan dapat diskon menarik,” janjinya.  Linda enggan membuka berapa harga yang ditawarkan. “Yang pasti reasonable,” katanya. “Harganya diantara Bridgestone B250 dan Bridgestone AR10,” jelasnya.  Bridgestone B250 adalah ban OEM (Original Equipment Manufacturing/bawaan pabrik) Toyota Avanza.

Pasar kendaraan 4×2 diprediksi tumbuh 6% menjadi 606 ribu unit tahun ini. Ini peluang besar untuk penyedia ban aftermarket. Bridgestone menawarkan Ecopia sebagai replacement tire alias ban pengganti.

Ecopia di perkenalkan pertamakali  tahun 2010 dan dipromosikan sebagai bahan ramah lingkungan, hemat bensin, rendah emisi dan punya daya cengkram bagus.  Saat itu ban yang diimpor langsung dari Jepang itu hanya tersedia dengan ukuran rim 15 sampai 17.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s