Mesin BMW M Peformance bikin geleng-geleng kepala

BMW M Peformance punya mesin baru dahsyat. Diesel, triple-turbo, piezo direct injection yang bisa memproduksi torsi 740Nm dan daya maksimal 280kW. Galak, responsive, sangat irit, emisi rendah.  Mesin ini akan dipakai di sedan BMW M550d xDrive, Wagon  M550d xDrive Touring, SUV X5 M50d dan Crossover X6 M50d


Mesin ini punya kapasitas mesin 3.0 liter enam silinder  (BMW paling jago bikin mesin enam silinder) dengan tiga turbocharger, common-rail direct injection yang menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar. Piezo injector yang dipakai berkedut berdasarkan denyut listrik sehingga menghasilkan semprotan lebih sempurna dibandingkan injector konvesional yang kerjanya di atur solenoid. Seabreg teknologi terbaik itu menghasilkan output 280kW/381bhp di rentang 4000rpm. Sementara torsinya sangat luarbiasa 750Nm mulai dari 2000 – 3000rpm dengan reaksi spontan. Luarbiasa…. Coba anda lihat grafik dibawah nanti.

Kunci untuk mendapatkan peforma luarbiasa ini  adalah teknologi yang diberi nama M Peformance TwinPower Turbo.  BMW punya pengalaman bagus dengan turbo kembar.  Keduanya bisa bekerja selaras. Kini  ditambah satu lagi jadi tiga.

Sistem ini menggunakan dua turbocharger yang lebih kecil dan satu turbo lebih besar.  Mengapa berbeda ukuran? Turbo kecil lebih cocok dipakai diputaran rendah, demikian sebaliknya. Turbo kecil nyaris tidak ada turbolag, namun boost-nya terbatas, demikian sebaliknya.   Sistem computer BMW secara presisi akan menentukan kapan saat yang paling tepat untuk menggunakan turbo dengan diameter yang paling efisien pada kondisi tersebut.  Seluruh turbo akan bekerja secara selaras dan harmonis untuk mensuplai boost yang diperlukan setiap saat.

Meskipun top speed dibatasi 250km/jam namun potensinya lebih dari itu. Lihat saja akselerasinya. M Peformance memanfaatakan secara maksimal penggunakan teknologi BMW EfficientDynamics termasuk fungsi  Auto Start-Stop yang berhasil menghemat bahan bakar –bakar dan menekan emisi.  Lihat table di bawah ini

Akselerasi (detik) Konsumsi BBM (liter/100km) Emisi CO2 (g/km)
Sedan  BMW M550d xDrive 4.7 6.3 165
Wagon BMW M550d xDrive Touring 4.9 6.4 169
SUV BMW X5 M50d 5.4 7.5 199
Crossover BMW X6 M50d 5.3 7.7 204

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s