Yang Unik dari Pesaing Toyota Camry ini

Industri otomotif di Indonesia -dan diseluruh dunia- mengukur kinerja penjualan sebuah model pada 6 – 12 bulan pertama peluncurannya. Saat itu biasanya permintaan konsumen sedang hot-hot-nya.  Setelah itu flat dan pada tahun ketiga mulai menurun secara gradual. Biasanya di tahun itu atau tahun ke empat diluncurkan versi facelitf untuk mendongkrak kembali penjualan.

Pola yang sama dipakai di Ford Fusion, sedan ukuran sedang yang menjadi pesaing Toyota Camry.  Namun Ford Fusion punya grafik penjualan yang unik di pasar domestik  Amerika Serikat. Di akhir siklus hidupnya,  penjualannya justru naik luarbiasa mencapai rentang 240-an ribu unit, padahal saat diluncurkan 2006 hanya bisa menjual 140-an ribu.

Apa yang  penyebab anomali ini? Penyegaran yang dilakukan Ford pada 2009, tidak sekedar kosmetik, namun lebih menyeluruh yang membuat konsumen menilainya sebagai mobil baru.Penjualan mulai naik dan tren menanjak ini terus berlangsung hingga 2011 yang mencapai  level 240-an ribu. Pencapaian ini mejadi penjualan tertinggi sepanjang sejarah model ini.

Rekor ini diperkirakan akan bertahan karena all-new Ford Fusion akan diluncurkan tahun ini di Detroit Motor Show dan dipasarkan awal tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s