Ford Fiesta lahir dari ruang perang

Ford Motor Indonesia erhasil meneguhkan posisi Fiesta yang berbeda dari Mazda2 meskipun lahir dari rahim yang sama.

Di kantor pusat Ford Motor Indonesia, ada sebuah ruang yang tertutup rapat. Hanya ada satu jendela, itupun berwarna gelap. Hanya orang tertentu saja yang boleh masuk. Yang lain terlarang. Kesan serius dan sangat waspada terasa kental dari ruang itu.

Inilah ‘Ruang Perang’, tempat petinggi Ford Motor Indonesia menyiapkan kelahiran Ford Fiesta. Dua tahun strategi digodok. Data, survei, diskusi dan segala macam perniknya di olah disini yang akhirnya memuncak di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 saat Fiesta secara resmi diperkenalkan pada publik.

Bagaimana hasilnya? Data awal menunjukkan kerja keras itu tidak sia-sia. Hingga awal September sudah terjual 900 unit sejak diperkenalkan. ‘Operasi’ di war room itu juga berhasil meneguhkan posisi Fiesta yang berbeda dari Mazda2 meskipun lahir dari rahim yang sama.

Satu rahim beda karakter

Sama seperti Mazda, FMI memberikan pilihan luas kepada konsumen untuk memilih varian yang paling pas dengan kebutuhan dan budgetnya. Jika Mazda punya empat varian, demikian pula Ford Fiesta hadir dengan empat varian yaitu tiga varian 1.4 liter Style (transmisi manual) dan Trend (Manual dan Otomatis) serta 1.6 liter versi Sport dengan fitur transmisi dual clutch six-speed PowerShift. Transmisi dual-clutch ini yang tidak dimiliki Mazda2 bahkan semua kompetitor di kelasnya, termasuk segmen leader, Honda Jazz.

Tidak berhenti di situ, fitur Voice Control System juga jadi yang pertama dan satu-satunya di kelasnya. Pada dasarnya sistem ini bekerja dengan perintah suara. Dengan mengaktifkan sistem ini, anda bisa mengganti audio dari CD ke Radio atau sebaliknya. Juga melakukan panggilan telepon karena dilengkapi Bluetooth. Semua perintah dalam bahasa Inggris dan anda harus mengucapkannya dengan artikulasi yang tepat. Secara keseluruhan ini, sistem mengasyikan dan memudahkan. Slot USB juga disedikan, namun kami kurang suka dengan posisinya. Kami khawatir dalam jangka panjang, tutup karetnya akan lepas, dan debu mudah bersarang di sana.

Sama seperti Mazda2, Fiesta juga menampilkan disain yang mengesankan. Bedanya, Fiesta, lebih kental aroma sportynya. Ford menyebutnya sebagai Kinetic Design. Rancangannya aerodinamis dan -menurut Fort- mampu meredam suara, getaran dan goncangan dan membantu menghemat konsumsi bahan bakar.

Driving Impression

Akhir Agustus lalu, kami berkesempatan menikmati mobil yang jadi lokomotif penjualan Ford di Eropa dan China itu. FMI memberikan waktu dua hari untuk mengeksplorasi Ford Fiesta Sport berwarna merah. Varian ini menggunakan mesin 1.6 liter dengan transmisi dual-clutch PowerShift.

 

Kami pilih rute seperti ketika mencoba Mazda2 beberapa bulan lalu. Seperti Mazda2, Fiesta membuat kami gembira. Namun ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi. Ketika mengingsut keluar dari kawasan Pondok Indah yang macet, kami menyadari seringnya badan tenggelam ke pelukan bucket seat. Tanda torsi putaran bawah cukup melimpah. Menurut Ford, mesin Duratec ini bisa membangun kurva torsi luas dengan puncak di 151Nm pada 4050 rpm. Sedangkan puncak tenaganya 121 PS (89kW) pada 6000rpm.

 

Kemudinya ringan, sangat ringan mungkin. Namun cerdas menterjemahkan semua gerakan tangan pengemudi. Ketika harus meliuk-liuk, mobil dengan lincah mengikuti gerakan tangan.

Dengan karakter seperti itu tidak susah menjaga kerapatan dengan mobil didepannya.Dan yang menyenangkan dari mobil ini adalah aliran tenaga yang lembut tapi bertenaga dan perpindahan gigi yang nyaris tidak terasa kecuali anda memperhatikan jarum tachometer. Itulah kelebihan sistem transmisi dual clutch, perpindahan gigi cepat, sehingga putaran mesin tidak turun terlalu banyak. PowerShift dual-clutch dengan enam tingkat kecepatan menggabungkan kenyamanan transmisi otomatis dengan kinerja dan penghematan bahan bakar transmisi manual.Dipadukan dengan respon pedal gas yang lembut. Menurut Ford, respon akslerasi akan berubah lebih galak jika pedal gas diperlakukan dengan galak pula. Oke kita coba di tol.

Ketika melaju di tol, mudah sekali mencapai 100km/jam. Tapi setelah itu agak susah untuk memperoleh akselerasi galak. Tapi tenang saja. Geser saja tuas ke posisi L dan mesin akan menderum seperti mengumpulka tenaganya dan saat pedal gas ditekan lebih dalam, semuanya mengalir mulus dan menghasilkan percepatan yang di inginkan. Over taking jadi lebih mudah.

 

Tidak sempurna

Lalu bagaimana soal comfort dan convenience? Ok, acungan jempol untuk bucket seat di baris depan. Kursi pengemudi bisa diatur dalam tiga arah -maju mundur, naik turun dan sandaran lebih miring. Semuanya manual. Penempatan tombol audio di jari-jari kemudi juga sangat memudahkan. layout audio, AC maupun layar untuk voice control di center cluster juga terlihat apik. Pengaturan AC maupun sistem entertaintment jadi lebih gampang. Dan anda tidak kecewa dengan kualitas audio yang disajikan Ford Fiesta S. Kombinasi enam speaker –dua tweeter yang diposiskan disebelah tuas pembuka pintu- memberikan kualitas audio yang cukup menghibur.

Ruang kaki, pinggul maupun kepala juga cukup lapang. Kursi belakang juga memberikan akomodosi yang diharapkan dari sebuah hatchback. Demikian pula ruang kargo yang cukup lapang untuk membawa kebutuh keluarga atau belanja bulanan. Seluruh pintu, termasuk tailgate bisa dibuka ekstra lebar untuk memudahkan proses keluar masuk.

Catatan untuk pengaturan spion yang berupa tuas kecil. Mungkin karena tidak terbiasa, agak ribet juga mengaturnya. Ini berbeda dengan Mazda2 yang lebih familiar. Demikian pula indikator P-R-N-D-L yang berada di kiri tuas transmisi sehingga satu-satunya indikator yang mudah dilihat adalah yang muncul di panel meter diantara speedometer dan tachometer. Di lokasi itupula, Ford menunjukkan berapa seberapa besar pemakaian bahan bakar dalam bentuk angka yang berubah setiap saat. Bagi kami relatif butuh waktu untuk mencernanya. Mungkin lebih mudah berupa grafik batang atau warna hijau, kuning merah.

New Ford Fiesta juga menawarkan fitur keamanan cukup lengkap, mulai dari kerangka dari baja boron yang sangat kuat dan biasa dipakai di industri pesawat terbang, airbag, seatbetl hingga ESP (electronic stability program). Fiesta sudah mengaplikasikan capless fuel tank yang praktis karena tangki bensin tidak pakai tutup.

Harga Ford Fiesta

Fiesta Style

1.4liter/MT

Rp 167 juta

Fiesta Trend

1.4liter/MT

Rp 177 juta

Fiesta Trend

1.4liter/AT

Rp 187 juta

Fiesta Sport

1.6 liter /AT Powershift

Rp 215 juta

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s