Nissan Juke-R 480hp

Nissan termasuk brand yang cukup diterima di Eropa, kawasan yang terbilang masih jadi tantangan untuk brand-brand Asia.  Salah satu kuncinya adalah keberhasilan Nissan menciptakan niche model  seperti Qashqai dan Juke.  Dengan pendekatan seperti itu, Nissan tidak perlu langsung berhadap-hadapan dengan pemimpin pasar seperti VW Golf misalnya, tapi menciptakan sosok unik di segmenya masing-masing. Dengan pendekatan seperti itu, Nissan cukup sukses dan bisa mejual lebih dari 100,000 unit Nissan Juke  hanya setahun setelah dipasarkan.

Dengan sukses itu, Nissan merasa ini waktu yang tepat untuk sedikit bersenang-senang. Hasilnya Nissan Juke-R. Inilah super crossover pertama di dunia. Di sebut super karena Juke ini menggunakan mesin mobil balap GT-R.  Tapak roda yang melebar, rumah roda makin gemuk, revisi bumper depan dan belakang serta wing belakang yang unik mengindikasikan  mesin GT-R  3.8 liter twin-turbo V6  480hp bersarang di balik kap mesinnya.  Di situ tersimpan pula trans-axle raksasa 6-speed yang ujung depan dan belakangnya disambungkan dengan drive-line dan batang propeller GT-R 4WD yang telah dimodifikasi.  Alloy wheel 20 inch menyempurnakan tampilan Juke-R.

Dibagian interior, dashboard Juke  telah bertransformasi untuk mengakomodasi panel alat ukur, tombol-tombol dan LCD display 7 inch yang juga diturunkan dari GT-R.  Centre console unik Juke  tetap dipertahankan.  Sementara dua kursi  balap dengan harness lima titik berada dalam perlindungan roll cage yang jelas terlihat dari luar.

Sayangnya, Juke-R ini tidak diproduksi massal. Spesies ini hanya ada satu-satunya. Mobil konsep yang secara legal di ijinkan untuk dipakai di jalan raya ini dikembangkan oleh Nissan dan dibangun oleh RML motorsport dengan input dari Nissan Technology Center for Europe.  Test pertama diperkirakan tuntas November mendatang.  Walaupun statusnya hingga kini masih seperti itu, namun reaksi public jelas.. mereka meningingkannya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s