Lampu Laser BMW

BMW membuat terobosan dengan menyiapkan laser sebagai lampu utama mobil. Tidak main-main karena pabrikan Munich ini menampilkan di Frankfurt Motor Show 2011.

Saat ini para insinyur BMW bekerja keras untuk menyiapkan versi produksi yang diharapkan siap dalam beberapa tahun mendatang.  Menurut BMW, Laser lebih aman, lebih nyaman sekaligus jauh lebih efisien energy.

BMW memang punya sejarah panjang dalam inovasi system lampu. Dalam beberapa tahun, BMW menjadi yang terdepan mengaplilkasikan teknologi LED (Light Emitting Diode) maupun Xenon.  Sejumlah inovasi untuk meningkatkan keamanan berkendara di malam hari juga dilakukan seperti Adaptive Headlights, dimana arah sorot lampu ditentukan gerakan kemudi dan kecepatan mobil.

Sinar laser sangat berbeda dari sumber cahaya lainnya. Cahayanya monokromatik atau memiliki panjang gelombang sama, tidak seperti lampu biasa yang panjang gelombangnya beragam.  Berkas cahaya koheren atau menyatu, tidak seperti lampu biasa yang menyebar.  Intensitas cahaya yang dihasilkan laser 1000 kali lebih kuat daripada LED. Karena itu, kebutuhan energy laser jauh lebih sedikit dibandingkan LED yang ujung-ujung efisiensi bahan bakar juga lebih baik.

Seperti LED, sumber cahaya laser adalah diode. Bedanya diode laser ukurannya hanya 10 micron atau seperseribu ukuran diode LED yang sisi-sisinya 1mm.  Ini membuka banyak kemungkinan saat diaplikasikan di mobil.

Meskipun secara teoritis ukuran lampu bisa di buat sangat kecil, namun para ahli BMW tidak akan mengubah secara radikal bentuk lampu, dan tetap akan memainkan porsi utama dalam disain eksterior . Kelebihan dari sisi ukuran yang kecil bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kedalaman lampu utama sehingga membuka peluang-peluang baru penempatan dan style eksterior.  Soal  lampu sebagai penunjang style, BMW  jadi yang pertama yang memanfaatkannya. Lihat saja Corona Rings yang ada di hampir semua modelnya saat ini. Lihat juga lampu rem Seri 5 terbaru.

Kelebihan lain, dan yang ingin dimanfaatkan secara maksimal adalah efisiensinya.  Lampu LED bisa menghasilkan 100 Lumen (satuan kekuatan cahaya) tiap 1 Watt listrik. Lampu Laser menghasilkan 170 Lumen  dengan daya yang sama (sebagai pembanding bohlam 100 Watt yang ada sekarang, hanya menghasilkan 1000 Lumen). Dengan efisiensi ini, BMW ingin membawa teknologi ini tidak saja pada di mobil konesp BMW i8 yang tampil di Frankfurt Motor Show.  Tapi juga mobil-mobil konsep premium di masa depan.

Soal keamanan memang jadi prioritas utama. BMW menjamin teknologi ini aman untuk semua pengguna jalan dan bisa dihandalkan dalam penggunaan setiap hari.  Dengan teknologi ini, cahaya kebiruan  yang dibangkitkan diode tidak disorotkan langsung ke jalan, tapi dirubah oleh material fluorescent phosphor didalam lampu utama  menjadi cahaya warna putih yang terang dan nyaman di mata.

 

Box:

BMW i8 bukan cuma laser

BMW i8 adalah mobil konsep yang  akan diproduksi  dalam dua hingga tiga tahun kedepan dan mengusung banyak teknologi canggih.  Bukan cuma teknologi laser.

Chairman BMW AG, Norbert Reithofer  memperkenalkannya pada dunia akhir Juli lalu di Jerman. Dia tidak menyembunyikan rasa bangganya. “Kami membuat langkah baru dalam sejarah BMW Group. Sebagai Chairman dan seorang insinyur, saya bangga dengan proyek ini.”

Teknologi  canggih yang membanggakan BMW antara lain, teknologi material bodi.  BMW mengklaim inilah pertama kalinya mobil produksi missal yang bodinya dibuat dari Carbon Fiber Reinforced-Plastic (CFRP). Keunggulan material ini,  bobot ringan sehingga berat bodi bisa diturunkan mulai 250 kg sampai 350 kg. Selain itu, kuat yang kekuatannya bisa melampuai baja terbaik. Kedua mobil ini akan dibuat di pabrik baru BMW, Leipzig, Jerman.

Sistem penggerak BMW i8 adalah hybrid plug-in yang menggunakan dua sumber tenaga yaitu motor listrik yang baterainya bisa di charger dari sumber listrik eksternal, dan mesin bensin konvensional.  Dengan kombinasi ini jarak tempuh mobil bisa lebih jauh. Kalau hanya menggunakan motor listrik saja, jarak tempuhnya hanya 35km saja.  Motor listrik ini memutar roda depan.  Sementara bila membutuhkan tenaga lebih besar, mesin bensin 3 silider 1.5 liter otomatis on dan langsung memberikan tenaganya ke roda.

 

Akselerasi i8  dari diam ke 100 km/jam dicapai dalam 5 detik. Angka yang cukup mengesankan. Sementara konsumsi bahan bakarnya 3 liter untuk setiap 100km. Kombinasi kedua sumber tenaga 350hp dan torsi 550Nm.

 

Power train

 

Motor listrik 96kW, 250Nm

Mesin bensin 3 silinder 1.5 liter 164kW, 300 Nm

Dimensi (p x l xt ) Panjang 4,632, lebar 1.955 mm, tinggi 1.280 mm
Akselerasi 0 -100km/jam  5 detik
Top speed 250km/jam
Berat 1480kg
Konsumsi bensin 3 liter/100km

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s