Dirgahayu Land Cruiser: Tua Tua Keladi

Bulan ini Toyota Land Cruiser  menapak usia 60 tahun.  Sosoknya mungkin berevolusi dalam enam decade. Tapi DNA-nya tetap abadi.  Menjadi kendaraan yang mengantarkan anda dari point A ke point B, tanpa peduli seperti apa lintasan diantaranya.
Sulit untuk menemukan model lain di dunia yang bisa bertahan dipercaya konsumen selama itu. Selama enam decade itu, reputasinya terus tumbuh melegenda.  Land Cruiser sudah jadi ikon untuk kendaraan off-road.
Sejarah Land Cruiser   bermula saat  dari Toyota BJ tahun 1951. Model ini semula disiapkan untuk keperluan militer. Enam bulan kemudian Toyota BJ menggemparkan Jepang karena menjadi mobil pertama yang mampu mencapai stasiun ke-enam Gunung Fuji yang berada di titik ketinggian 2500m dari permukaan laut. Pencapaian itu membuat kepolisian Jepang terpikat dan menggunakan Toyota BJ sebagai bagian dari armadanya. Sejak saat itu, sukses demi sukses mulai dibukukan.  Tahun 1954, tipe baru Type 25 BJ diberi nama generic, Land Cruiser yang terus dipakai hingga hari ini.
Saat Toyota mulai mengembangkan program ekspor  di decade 50-an hingga 60-an,  ternyata banyak pasar di negara maju sudah dilayani oleh merek-merek terkenal buatan Eropa dan Amerika Serikat.  Hal ini mendorong Toyota untuk focus ke Negara-negara berkembang  di kawasan Timur Tengah,  Asia Tenggara hingga Amerika Selatan, dimana Land Cruiser harus menghadapi medan-medan yang sulit sekaligus membangun legendanya.
Pertengahan decade 60-an, Toyota melahirkan Land Cruiser Station Wagon pertamanya yang kemudian berevolusi hingga seri yang ada sekarang (bermesin V8).  Lahirnya cikal bakal SUV ini merupakan respon Toyota terhadap tuntutan kendaraan 4WD yang lebih berkelas.
Tahun 1985 Toyota melihat ada potential market yang mengingingkan kendaraan dengan kemampuan manuvaer dan kekuatan off-road sejati  sekaligus kenyamanan  seperti station wagon. Lahirlah Light Duty Series yang mengkombinasikan kedua kekuatan itu.
Land Cruiser yang beredar sekarang menggunakan mesin V8  dan pertamakali diperkenalkan tahun 2008.  Total lebih dari 5 juta unit terjual di lebih dari 180 negara di dunia. Untuk memperingati ulang tahun ini, selain meluncurkan Land Cruiser edisi khusus 60 tahun, Toyota juga merilis video tentang perjalanan 60 tahun Toyota dan menunjukkan mengapa  SUV ini menjadi legenda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s