Nissan Power 88: Bagaimana Indonesia?

Carlos Ghosn mengumumkan rencana bisnis jangka menengan Nissan Power 88 di Yokohama. Rencana yang agresif ini akan efektif secepatnya.  Ini merupakan kelanjutan dari  Nissan Revival Plan (NRP) yang spektakuler di awal 2000.

Dibangun atas empat pilar  yaitu  “brand and sales power enhancement, growth, sustainable mobility and mobility for all”, Power 88 akan efektif dari tahun ini hingga 2016. Diharapkan pada akhir periode rencana ini, Nissan bisa menguasai 8 persen pangsa pasar global dan 8 persen operating profit (karena itu disebut  88).   Dibandingkan angka 2010, terjadi kenaikan 2.2 persen pangsa pasar global dan 1.9 persen operating profit.

Carlos Ghosn memang suka menggunakan angka untuk mengkomuniskasikan  visinya. Tahun 2001 Dia memperkenalkan  rencana bisnis Nissan 180 berangkat dari sukses NRP (NRP diakui secara luas sebagai salah satu upaya pemulihan perusahaan paling spektakuler dari sejarah yang berhasil menghela keluar salah satu perusahaan otomotif tertua di Jepang ini dari kubangan hutang). Lewat Nissan 180 dia menargetkan penjualan 1 juta unit mobil, mencapai operating margin 8% dan hutang otomotif  0 persen.  Di Indonesia program ini melahirkan Nissan Grand Livina yang sukses. Lewat serial Grand Livina penjualan Nissan yang semula berkisar 10,000 unit di paruh pertama decade 2000-an, tahun lalu sudah mencapai 37,000 unit.

Kembali ke Nisan Power 88. Strategi sukses  rencana ini meliputi:

  1. Meluncurkan mobil baru rata-rata tiap enam minggu sekali dalam enam tahun  sehingga bisa bermain di 92% global market segmen, meluncurkan 90 teknologi baru dalam enam tahun dan  mencapai penjualan mobil listrik 1.5 juta unit (kombinasi Renault dan Nissan).
  2. Penjualan di Negara-negara BRIC (Brazil, Russia, India dan China) akan tumbuh signifikan dan Nissan berharap untuk membangun pabrik di Brazil untuk mendukung upaya pengembangan pasar di kawasan itu.
  3. Nissan juga akan memproduksi lebih banyak Infiniti yang diharapkan penjualan meroket dari 150,000 tahun lalu jadi 500,000 unit pada 2016 diseluruh dunia.  Juga menambah paling sedikit 10 model baru.  Diharapkan Infiniti bisa menguasai 10 persen pasar global mobil mewah.
  4. Nissan juga akan menambah sales point diseuluruh dunia, dari 6000 saat ini jadi 7500.
  5. Pada 2012 Nissan akan memiliki kapasitas produksi 1.2 juta unit di China.  China menjadi akan akan terus menjadi pasar tunggal terbesar Nissan. Nissan berharap bisa menguasai 10 persen pangsa pasar China.
  6. Nissan juga meningkatkan kehadirannya di sejumlah Negara berkembang termasuk Indoensia. Di sini Nissan menargetkan bisa menguasai 10% pangsa pasar dan telah meningkatkan kapasitas produksi jadi 100,000 unit/tahun.
  7. Di Brazil, untuk tahap pertama Nissan akan meningkatkan kapasitas produksi jadi 200,000 unti/tahun.

Di Indonesia Carlos Ghosn sudah mengibarkan bendera start bagi tim Nissan Motor Indonesia sejak  Juni 2010. Saat itu  dia mengumumkan sejumlah rencana dan investasi khusus untuk Nissan Indonesia.  Yaitu investasi $20 juta untuk peningkatkan kapasitas pabrik Nissan dari 50,000 unit/tahun menjadi 100,000 unit pertahun mulai 2012.

Selanjutnya tahun 2012, Nissan harus sudah menguasai 10% pangsa pasar di Indonesia dari sekitar 5% tahun lalu. Selanjutnya membidik pangsa pasar 15% dan berada diposisi tiga nasional dalam lima tahun kedepan. Tahun lalu Nissan berada di posisi enam. Takayuki Kimura, Presiden direktur Nissan Motor Indonesia dan Teddy Irawan Vice President Sales and Marketing NMI hanya bisa tersenyum pahit dengan target yang dicanangkan boss besar mereka.  Jelas ini bukan kerja ringan. Ini kerja keras luarbiasa.

Untuk itu, Nissan meluncurkan model-model baru termasuk March dan Juke yang ditawarkan dengan harga menarik dan fitur menggoda.  Menambah dealer dari 46 jadi 80. Merintis pasar Infitiniti juga membangun pusat riset dan pengembangan untuk mengakselerasi  pertumbuhan kandungan local.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s