Penyempurnaan Mazda2: bukan cuma kosmetik

Mazda Motor Corp.(MMC) akan meluncurkan Mazda Demio (Mazda2) Facelifted 30 Juni 2011 mendatang di Jepang. Belum ada informasi resmi dari Mazda Motor Indonesia, kapan Mazda2 facelift dipasarkan di sini. Tapi biasanya facelift dilakukan di paruh siklus satu model. Biasanya 2.5 tahun- 3 tahun. Di Indonesia Mazda2 dipasarkan sejak 25 November 2009, jadi mungkin akhir tahun ini atau tahun depan.

 

Di Jepang, Mazda2 hadir dengan tiga pilihan mesin, 1.5 liter, 1.3 liter dan 1.3 liter dengan teknologi SkyActive. Transmisinya, CVT, 5 MT dan 4AT. Teknologi SkyActive  ini luarbiasa dan akan dipakai di semua model Mazda. Mazda2 menjadi model pertama yang memakai teknologi ini.

Secara umum, fokus penyempurnaan pada versi facelift ini pada driving pleasure. Ini pilihan tepat, karena Mazda2 yang sekarang ini memang menawarkan kenikmatan dibalik kemudi yang beda dengan rival-rivalnya. Penguatan disisi ini akan memperjelas posisi Mazda di pasar hatachback Indonesia yang dikerubuti 11 brand.

 

Mazda Corp. juga menonjolkan mesin teknologi baru 13-SkyActiv yang sangat irit, diklaim bisa 30km/liter. Varian in ini menggunakan mesin dengan rasio kompresi 14:1 -tertinggi di dunia untuk mesin bensin- , teknologi idling stop dan teknologi lain. Juga dilengkapi ‘intelligent-Drive Master (i-DM)’, driver aid pertama di dunia yang membantu pengemudi menikmati perjalanan sekaligus memperbaiki gaya mengemudinya sehingga penumpang nyaman,lingkungan lestari. Jika Mazda bisa menawarkan teknologi ini dengan harga menarik plus bisa meyakinkan konsumen tentang kehandalan teknologi ini, pasar pasti akan menyukainya.

 

Ok, lupakan dulu mesin supercanggih itu. Kita lihat yang versi 1.5 liter. Seperti varian lain, Mazda2 ini mengalami penyempurnaan di sisi driving feel sehingga kendali lebih presisi, stabil saat ngebut dan nyaman.

 

Tampilannya lebih sporty dengan disain berkualitas tinggi. Wajah khas Mazda dengan grille lima titik sudut menyerupai senyuman mendongkrak tampilan lebih sporty. Ada sebelas warna pilihan eksterior, termasuk dua warna baru, Aquatic Blue Mica (exclusive 13-SKYACTIV ) dan Burgundy Red Mica.

Ok… di sisi eksterior, Mazda2 boleh dapet dua jempol. Tapi interiornya? Bukan kualitas tapi feel dan tampilan. Bandingkan dengan rival-rivalnya. Mazda Corp. menjawabnya dengan perbaikan disain kursi dan bagian-bagian lain di untuk membuat terasa lebih berkualitas. Pelapis jok lebih premium, panel meter hitam, hiasan panel instrumen berwarna perak dan fitur-fitur baru yang membuat tampilannya terlihat dan terasa lebih berkualitas. Semua varian dilengkapi dengan komputer trip berisi informasi tentang real time fuel economy dan average fuel economy.

 

Safety fitur meliputi aktif dan pasif. Sistem pasif bertumpu pada struktur kerangka yang kuat dan mampu mengalirkan energi benturan menjauhi kompartemen penumpang. Mazda menyebutnya Advances Impact-energy Distribution and Absorption. Dilengkapi pula dengan seatbelt tiga titik dan headrest di kursi tengah baris kedua sebagai fitur standar. Fitur aktif Dynamic Stability Control (DSC) dan Mazda Traction Control hanya ada di versi 13-SkyAktiv. DSC menyatu dengan brake-assist yang dikendalikan secara elektronik.

 

Soal harga…. tunggu aja versi Indonesia-nya ya… he..he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s