IIMS 2011: Tidak sekedar Art Car…

Status Facebook BMW Indonesia hari ini mengabarkan “BMW Art Car by Jeff Koons is on the way to Indonesia. IIMS 22-30 July 2011.”  Ya.. benar, diperhelatan akbar otomotif nasional itu, BMW Indonesia akan memamerkan Art Car ke-17 yang pertamakali diperkenalkan di pertengahan Juni 2010 di Paris. Tapi ini bukan sekedar Art Car…

BMW alias Bayerische Motoren Werke sejak 1975 beberapa kali mengundang seniman-seniman besar untuk menggunakan mobil sebagai kanvasnya. Yang paling terkenal adalah BMW MI yang dilukis Andi Warhol, seniman multitalenta yang sangat dihormati. Saat ini koleksi Art Car BMW. Seniman lain yang pernah terlibat, Ernst Fuchs, Roy Lichtenstein dan Frank Stella.

Jeef Koons, seniman Amerika yang jatuh cinta pada BMW sejak tinggal di Munich, hometown BMW era 80-an.  Sejak 2003 dia menawarkan ide kreatifnya, baru 2010 BMW membuka pintu. Koons harus bolak-balik Amerika Jerman dan hanya punya waktu dua bulan untuk mewujudkan idenya. Itupun harus berbagi waktu dengan para insinyur, karena mobil itu disiapkan untuk turun di balap ketahanan24 jam Le Mans 2010. Ya.. Art Car itu mobil balap sebenar-benarnya.

Koons mengumpulkan dan mempelajari foto-foto mobil balap dan ledakan, juga bergabung dengan BMW Rahal Letterman Racing team untuk mendapatkan intisari dari sebuah kecepatan. Dia kemudian menggambar dengan warna-warna terang yang membuat mobil terlihat bergerak kencang bahkan saat dia diam.  Di bagian belakang terlihat bentuk-bentuk seperti pecahan serpihan dan ledakan supersonic.

Disain ini sebenarnya tidak di cat langsung di mobil tapi, di cetak di vinyl yang dibungkus ke mobil lalu ditutuup dengan dua lapis clear coat untuk membawa warna-warna benderang itu kelaur.  Ini juga bukan pekerjaan sederhana karena harus mengubah disain 3D menjadi 2D baru di cetak.

Di balap ketahanan Le- Mans, mobil bernomor 79 ini di piloti oleh  Andy Priaulx, Dirk Muller  dan Dirk Werner.

Jadi saat anda menyaksikan mobil ini kelak di IIMS, anda bukan Cuma menyaksikan karya seni tapi juga mobil balap sesungguhnya yang penuh energy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s