Sports car hybrid bermunculan

Sports car bermesin hybrid mungkin tidak lama lagi menggantikan sports car konvensional yang haus bensin. Pabrikan besar sudah mengembangkan teknologi ini dan tampaknya menunggu waktu yang tepat untuk meluncurkannya. Lihat Porsche 918 Hybrid yang ordernya begitu besar. Demikian pula dengan Ferrari 599 Hy-Kers Hybrid.

Tidak mau ketingggalan Toyota –produsen mobil hybrid terbesar di dunia- akan memperkenalkan sports-car concept terbaru berteknologi hybrid akhir pekan ini di lomba ketahanan 24 Hours of Nürburgrin yang disebut GRMN Sports Hybrid Concept II.

Singkatan “GRMN” kependekean dari Gazoo Racing Meister of Nürburgring. Gazoo Racing adalah rumah modifikasi Jepang yang sering di ajak Toyota untuk mempersiapkan mobil balapnya sebelum turun sirkuit. Tahun lalu saat Lexus LF-A turun di 24 Hours Nurburgring, juga bekerjasama dengan Gazoo Racing. Sementara  Meister of Nürburgring adalah penghormatan untuk chief test driver Toyota, Hiromu Naruse yang tewas dalam kecelakaan di Nurburgring tepat setahun lalu (23 Juni 2010). Saat itu pria yang menguji setiap mobil balap Toyota mulai dari Toyota 2000GT, AE 86 hingga Lexus LF-A itu tewas di balik kemudi LF-A di Nurburgring.

GRMN adalah roadster dengan system penggerak all-wheel drive menggunakan teknologi hybrid. Mesin diposisikan di tengah yang membuat distribusi beban menjadi ideal dan handling maksimal.  Sports car dua kursi ini digerakkan mesin 3.5 liter V6 bensin yang bisa memproduksi 245hp yang memutar roda belakang. Sementara motor listrik dengan daya 295hp (wow!) memutar roda depan. Akselerasinya 0-60mph dalam waktu 4.5 detik.

Beratnya tidak lebih dari 1485kg  dengan panjang 4351mm, lebar 1890mm. Kombinasi power train dengan bobot dan dimensi itu, menjanjikan penggendaraan yang menggairahkan, menyenangkan dan merupakan satu step lebih maju dalam pengembangan teknologi hybrid Toyota yang terus menerus.

Jika anda perhatikan ada angka II di ujung namanya. Karena sebenarnya Toyota sudah pernah menciptakan yang pertrama.  Diluncurkan Januari 2010, model ini menggunakan sasis generasi terakhir Toyota MR2. Saat itu hanya tampilan luarnya saja yang baru.

Toyota tidak menjanjikan mobil konsep ini akan berevolusi menjadi mobil produksi. Namun ada baiknya di tunggu saja. Barangkali Toyota MR2, roadster mungil berkursi dua dan bermesin tengah yang pernah populer di Amerika Serikat antara 1984 – 2005 akan bangkit kembali.

Sebelumnya  Honda memperkenalkan CR-Z Coupe racikan Mugen di Inggris pekan lalu. Mugen adalah tuner yang sering diasosiasikan dengan Honda. Lewat bengkelnya di diluar kota Northampton, Mugen Euro menambah supercharger ke mesin 1.5 liter hybrid CR-Z untuk mengail lebih banyak tenaga hingga peforma mobil hybrid ini setara dengan Civic Type-R yang baru saja di discontinue.

Honda CR-Z Mugen Hybrid

Hasilnya 0 -60mph dalam waktu 6.6 detik. Mesinnya bisa memproduksi 200bhp dan torsi 245Nm.

Sementara konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 56mpg atau 23.8km/jam.  Selain mendongkrak power mesin, bobot juga dikurangi 50 kg dengan aplikasi serat karbon di kap mesin dan pintu.  Sementara system rem dan suspensi juga diracik ulang untuk menghasilkan handling terbaik.

Honda CR-Z Mugen akan  debut  di Goodwood Festival of Speed, July mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s